Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Produsen Minyak Sawit Surati Komisi Eropa atas Diskriminasi Sawit

Produsen Minyak Sawit Surati Komisi Eropa atas Diskriminasi Sawit Kredit Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) mengajukan keberatan terhadap kebijakan diskriminatif minyak sawit. Keberatan tersebut dikemukakan secara terbuka pada Juli 2021 dalam forum Konsultasi Komisi Eropa.

CPOPC juga mendesak Komisi Eropa untuk berada di sisi yang benar dalam sejarah energi berkelanjutan.

Baca Juga: Selama Ada Sawit, Roda Perekonomian Nasional Akan Terus Berputar

Sekretariat CPOPC dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, forum konsultasi tersebut membahas bahan bakar nabati (biofuel), cairan nabati (bioliquid), dan bahan bakar biomassa berkelanjutan.

Keberatan publik ini dilakukan oleh CPOPC untuk menentang tindakan anti kelapa sawit dari perusahaan energi seperti TotalEnergies. Dalam balasan surat yang dikirimkan Sekretariat CPOPC, TotalEnergies menyatakan akan menghentikan penggunaan minyak sawit tepat pada tahun 2023.

Dalam keterangan resminya, Sekretariat CPOPC menekankan bahwa Total Energies tidak lagi peduli dengan rantai pasokan berkelanjutan untuk minyak sawit, atau keberhasilan upaya dari negara-negara anggota dalam mengurangi emisi CO2 dengan mengatasi deforestasi dan kebakaran hutan ataupun manfaat sawit terhadap ekonomi dan aspek sosial bagi penduduk pedesaan; juga pentingnya minyak sawit secara umum bagi ekonomi yang bersangkutan di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.”

Menanggapi pernyataan Sekretariat CPOPC, TotalEnergies mengakui upaya gigih dari negara-negara produsen minyak sawit untuk menghasilkan produk minyak sawit berkelanjutan. TotalEnergies juga mengatakan bahwa mereka melakukan seleksi ketat dalam pembelian minyak sawit untuk pabrik penyulingan di La Mède.

Namun mereka menyatakan, terus menerima tekanan dari kelompok yang menentang penggunaan minyak sawit di Perancis. TotalEnergies menambahkan bahwa keputusan perusahaan juga didasarkan oleh keputusan Parlemen Perancis yang menarik insentif pajak untuk minyak sawit sebagai bahan baku untuk bahan bakar nabati atau biofuel.

Pembaca yang objektif akan mengetahui betapa bertentangannya posisi TotalEnergies yang mengakui bahwa minyak sawitnya berasal dari sumber yang berkelanjutan, namun mereka belum dapat memberikan jaminan kualitas lingkungan yang serupa untuk penggantinya, sampai saat ini. 

Sebagai tambahan, bagi TotalEnergies untuk menggunakan minyak jelantah (used cooking oil) dan minyak hewani (animal fats) sebagai bahan baku alternatif yang diklaim sebagai berkelanjutan juga tidak dapat dibenarkan. 

Tidak ada keraguan bahwa peternakan merupakan penyumbang besar perubahan iklim dan tidak akan tersedia cukup minyak hewani untuk memproduksi sumber energi berkelanjutan berdasarkan fakta sains mengingat adanya harapan untuk mengurangi peternakan dalam upaya memerangi perubahan iklim. TotalEnergies juga perlu memberi penjelasan apakah penggunaan minyak jelantah itu lebih berkelanjutan dibandingkan bahan bakar yang berasal dari kelapa sawit.

Sekretariat CPOPC menyampaikan keprihatinan mendalam terhadap TotalEnergies yang membidik sawit dengan membuat pernyataan publik yang mendiskreditkan kelapa sawit ketika sangat jelas bahwa pengganti sawit terbukti tidak lebih berkelanjutan. 

Sekretariat CPOPC berpandangan bahwa satu perusahaan tidak dibenarkan menyampaikan opini yang menyesatkan terhadap sektor pertanian secara keseluruhan hanya demi keuntungan politik dan ekonomi jangka pendek. 

Mengecualikan minyak sawit merupakan langkah mundur terhadap keinginan tulus negara-negara produsen kelapa sawit dan jutaan petani kecil negara berkembang guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan global PBB (UNSDGs).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: