Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Safari Bos Pentagon Dimulai, Pertama Datangi Singapura Seret-seret China...

Safari Bos Pentagon Dimulai, Pertama Datangi Singapura Seret-seret China... Kredit Foto: Unsplash/Justin Lim
Warta Ekonomi, Singapura -

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd J. Austin III mengunjung Singapura untuk melakukan kunjungan perkenalan dan memperkuat hubungan di tengah menghangatnya manuver China di Laut China Selatan.

Dalam pernyataan Kementerian Pertahanan republik (MINDEF), Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dan Menteri Austin menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang sangat baik dan telah berlangsung lama antara Singapura dan AS.

Baca Juga: Bagaimana Amerika Bisa Bangun Hubungan Lagi dengan China? Ini Kata Orang Pentagon

“Kedua belah pihak menyatakan kepuasan bahwa kerja sama militer terus kuat meskipun ada pandemi Covid-19,” terang MINDEF pada Selasa (27/7/2021).

Ng dan Austin juga bertukar pandangan tentang perkembangan geopolitik dan masalah keamanan regional, dan menyepakati pentingnya keterlibatan berkelanjutan AS di kawasan. Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan, keduanya mengakui hubungan pertahanan bilateral telah berkembang ke bidang kerja sama baru seperti pertahanan dunia maya, bantuan kemanusiaan dan bencana.

MINDEF mengatakan lembaga pertahanan Singapura dan AS berinteraksi secara teratur melalui pertukaran militer, pelatihan dan kursus, dan kerja sama teknologi pertahanan. Kedua lembaga pertahanan juga memberikan dukungan jangka panjang untuk kekuatan satu sama lain di negara asal mereka, katanya.

Pada 2019, kedua negara memperbarui Nota Kesepahaman (MOU) 1990 Mengenai Penggunaan Fasilitas AS di Singapura dan menandatangani MOU tentang pembentukan Detasemen Pelatihan Tempur Angkatan Udara Republik Singapura di Pangkalan Angkatan Udara Andersen, Guam. Itu adalah kunjungan pertama Menteri Austin ke Singapura sebagai Menteri Pertahanan AS, kata MINDEF.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: