Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Asia Tenggara Temukan Kerja Sama Teknologi yang Lebih Besar Seiring Persaingan AS-China

Asia Tenggara Temukan Kerja Sama Teknologi yang Lebih Besar Seiring Persaingan AS-China Kredit Foto: Twitter/MothershipSG
Warta Ekonomi, Singapura -

Ketika persaingan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat (AS) dan China mengancam untuk memecah sektor teknologi global, negara-negara Asia Tenggara tengah memperjuangkan integrasi digital.

Asia Tenggara adalah rumah bagi sekitar 400 juta pengguna internet dan 10% dari mereka online untuk pertama kalinya pada tahun 2020, karena pandemi virus corona mendorong lebih banyak transaksi bisnis ke internet.

Baca Juga: Pembatasan Ketat hingga Panic Buying Terjadi di Asia Tenggara

Persatuan ekonomi 10 anggota di kawasan itu – Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, atau ASEAN – berfokus pada “netralitas teknologi” bahkan ketika ancaman bifurkasi tetap ada, menurut Josephine Teo, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura.

Netralitas teknologi mengacu pada individu dan bisnis yang memiliki kebebasan untuk memutuskan teknologi mana yang paling tepat dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka, tanpa terpengaruh untuk menggunakan jenis teknologi tertentu.

“Ancaman ini belum hilang bahkan dengan Covid-19 yang telah mengganggu semua ekonomi kita,” kata Teo kepada Martin Soong dari CNBC selama diskusi panel di konferensi Asia Tech x Singapore pada Selasa (13/7/2021).

Dia menjelaskan bahwa ketika ekonomi pulih dari pandemi, ketergantungan mereka pada teknologi digital akan terus tumbuh, yang akan meningkatkan taruhannya dan membuat kerja sama internasional lebih berharga.

"Alih-alih bifurkasi teknologi, kami sebenarnya mencari sistem dan standar yang lebih dapat dioperasikan," Josephine Teo, Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, kepada CNBC.

“Jadi, daripada terjebak dalam persilangan semacam ini – yang sangat, sangat tidak pasti bagi semua orang yang terlibat – kita harus mencari lebih banyak kemitraan, bukan lebih sedikit,” katanya. “Saya pikir begitulah cara kami mendekati masalah di ASEAN dan tentu saja dengan semua mitra dialog kami, kami berharap kami dapat membangun pendekatan dan semangat kemitraan.”

Ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat di bawah pemerintahan AS sebelumnya. Tetapi Presiden Joe Biden telah mempertahankan banyak pembatasan pada perusahaan teknologi China yang diberlakukan oleh pendahulunya Donald Trump.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: