Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Negara Arab Jatuh ke Pelukan Israel, Siapa Paling Diuntungkan?

Negara Arab Jatuh ke Pelukan Israel, Siapa Paling Diuntungkan? Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mohammed Salem
Warta Ekonomi, Ramallah, Tepi Barat -

Palestina mengatakan bahwa normalisasi yang ditengahi Amerika Serikat (AS) antara negara-negara Arab dan Israel dimaksudkan untuk kepentingan politik Donald Trump dan Benjamin Netanyahu.

"Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menormalisasi hubungan mereka dengan Israel untuk mendukung kampanye pemilihan kembali Trump dan meningkatkan situasi politik internal Netanyahu," kata Mahmoud al-Aloul, wakil ketua Fatah.

Baca Juga: Jika Strategi Israel Ini Sukses, Situs-situs Keagaman Palestina Lenyap

Aloul, seperti dilansir Xinhua pada Senin (14/9/2020), kemudian meminta Liga Arab untuk menghadapi gelombang normalisasi dengan Israel, mencatat mereka harus mematuhi keputusannya terkait dengan masalah Palestina. 

Seperti diketahui, Bahrain mengikuti jejak UEA untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. Keputusan itu diambil setelah pembicaraan antara Trump, Netanyahu dan Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa pada hari Jumat lalu.

Bahrain dijadwalkan untuk menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel pada 15 September di Washington, di mana kesepakatan serupa antara UEA dan Israel juga akan ditandatangani. 

Dengan adanya keputusan ini, Bahrain menjadi negara Arab keempat yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, setelah Mesir, Yordania, dan UEA. Mesir dan Yordania masing-masing menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel pada 1979 dan 1994.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: