Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arab Saudi Bilang G20 Pegang Peran Penting untuk Menjaga Bumi karena...

Arab Saudi Bilang G20 Pegang Peran Penting untuk Menjaga Bumi karena... Kredit Foto: Antara/Ahmed Yosri
Warta Ekonomi, Riyadh -

Wakil Menteri Lingkungan Hidup Arab Saudi, Osama Faqeeha mengatakan, dunia perlu memperkuat kerja sama untuk mengurangi degradasi lahan, hilangnya habitat, dan konservasi terumbu karang. G20, jelasnya, memegang peran penting untuk merealisasikan hal ini.

Faqeeha mengatakan, masalah lingkungan adalah salah satu fokus Saudi selama menjabat sebagai Presiden G20. Dia menuturkan, Saudi sedang mengejar upaya kolektif dan mengambil tindakan nyata untuk melindungi Bumi.

Baca Juga: Kemenlu Luruskan Kabar Saudi Setop Visa Umrah: Jadi yang Terdampak Cuma...

Dia mengatakan, melestarikan lingkungan bumi berarti melindungi lingkungan laut dan darat serta berupaya mengurangi polusi laut seperti sampah plastik.

“Sekitar 12 juta hektar lahan hilang setiap tahun akibat degradasi lahan, termasuk deforestasi,” ucapnya, seperti dilansir Arab News pada Rabu (18/11/2020).

G20 dibawah Saudi, jelasnya, memimpin komunitas internasional dalam bekerja untuk meminimalkan degradasi lahan dan deforestasi untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan memenuhi tujuan iklim.

Dirinya juga berbicara tentang pelestarian lautan, dengan mengatakan bahwa aktivitas manusia dan perubahan iklim membahayakan kelangsungan hidup terumbu karang, yang menjadi tempat bergantung sekitar 50 persen kehidupan laut dunia.

"Tanpa tindakan nyata, diperkirakan sebagian besar terumbu karang terancam. Terumbu karang berada di bawah ancaman terus-menerus dari polusi dan perusakan habitat, oleh karena itu melestarikannya sangat penting untuk memastikan perlindungan ekosistem kita," ungkapnya.

"Karena urgensi masalah ini, Arab Saudi bermaksud untuk melanjutkan upaya Kepresidenan G20 Jepang dan memajukan langkah-langkah pelestarian ekosistem. Selain itu, perubahan iklim merupakan salah satu tantangan global yang paling mendesak. Urgensi untuk bertindak meningkat karena populasi dunia terus bertambah dan emisi meningkat," sambungnya.

Faqeeha menambahkan, Saudi berkomitmen untuk memajukan upaya pengelolaan emisi di semua sektor dan meningkatkan sinergi antara aksi adaptasi dan mitigasi, termasuk solusi berbasis alam seperti reboisasi dan perlindungan serta pemulihan sumber daya laut. 

“Ada apresiasi yang signifikan dari Arab Saudi terhadap pelestarian lingkungan,” tukasnya.Saudi sendiri akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada akhir ini. Karena pandemi, KTT tersebut akan digelar secara virtual.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: