Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksin COVID Akan Manjur Jika...

Vaksin COVID Akan Manjur Jika... Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut antibodi untuk melindungi tubuh dari covid-19 membutuhkan waktu untuk terbentuk agar optimal. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan antibodi terbentuk 28 hari setelah penyuntikan vaksin covid-19 dosis kedua.

Nadia menerangkan suntikan dosis pertama vaksin covid-19 bertujuan untuk memicu respons kekebalan awal. Lalu suntikan dosis kedua bertujuan untuk menguatkan respons antibodi yang sebelumnya sudah terbentuk.

"Suntikan kedua merupakan booster untuk kekebalan lebih optimal. Sehingga, imunitas baru yang terbentuk setelah 28 hari setelah penyuntikan dosis kedua. Jadi, memang butuh waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi yang optimal," kata Nadia dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (22/2/2021).

Nadia mengingatkan seseorang tetap memiliki risiko terpapar dan tertular covid-19 meski sudah menerima vaksin. Namun, dengan vaksinasi diharapkan tubuh menjadi lebih siap untuk melawan virus penyebab covid-19, sehingga penyakitnya bisa dihindari, atau jika jatuh sakit tidak mengalami gejala berat atau parah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: