Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meningkat, Kemenkes Bilang 70% Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Meningkat, Kemenkes Bilang 70% Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Kredit Foto: Antara/Candra Yanuarsyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 sudah berjalan selama 9 bulan lamanya. Dan, untuk memutus penularannya adalah dengan disiplin protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat hingga saat ini lebih dari 70% masyarakat Indonesia telah disiplin protokol kesehatan 3M.

Baca Juga: Banyak RW di Jakarta Zona Merah, Wakil Anies Ngomel: Jalankan 3M Bukan karena Takut Aturan!

“Memang angkanya sih perkembangan sekarang yang menggunakan masker, yang menjaga jarak, yang cuci tangan sebenarnya sudah di atas 70%,” ungkap Kepala Seksi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Kementerian Kesehatan, Marlina Ginting dalam diskusi Masyarakat Produktif di Masa Pandemi: Tantangan dan Peluang secara virtual, Kamis (26/11/2020).

Artinya, kata Marliha, hanya 30% yang belum melakukan disiplin 3M.

“Yang 30% ini masyarakat yang belum patuh, belum konsisten, belum disiplin, dia memberikan potensi penularan bagi yang lainnya. Jika kita ingin semuanya seperti itu jadi jadi konsistensi pesankan,” ungkap Marlina.

Selain itu, Marlina juga mengatakan bahwa 9 bulan merupakan waktu yang panjang untuk belajar penanganan Covid-19. Meskipun, kata dia, masih ada lonjakan kasus Covid-19.

“Kita pun sudah berpengalaman baik pemerintah, masyarakat, siapa. Meskipun ternyata masih terjadi peningkatan kasus, walaupun tidak di semua wilayah. Masih ada kita mendengar beberapa lonjakan di berapa waktu seperti itu. Jadi 9 bulan sebenarnya kita bisa banyak belajar dan kita terus rasanya memperbaiki strategi seperti itu.”

Ia menegaskan bahwa yang menjadi tantangan adalah konsisten menjalankan 3M.

“Yang penting konsistensi sebenarnya yang kami ingin diterapkan pada masyarakat, komunikasi konsistensi pesan tentang cuci tangan gitu ya dengan air mengalir dengan sabun. Kemudian bagaimana menggunakan masker, konsistensi juga itu terus, terus, itu terus dilakukan. Kemudian juga bagaimana kita tetap menjaga jarak kita dan hindari kerumunan,” jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: