Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sucofindo Audit dan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti-Penyuapan untuk BKKBN

Sucofindo Audit dan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti-Penyuapan untuk BKKBN Kredit Foto: Sucofindo
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan Sertifikat SNI ISO 37001: 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diberikan secara langsung oleh Direktur Komersial 1 SUCOFINDO, Herliana Dewi kepada Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo yang turut dihadiri Kepala Badan Standardisasi Nasional, Kukuh S. Achmad. 

Pada penyerahan sertifikat ini, Herliana Dewi menyampaikan apresiasinya kepada BKKBN yang telah berhasil meraih Sertifikat SMAP sesuai SNI ISO 37001:2016. Herliana pada sambutannya memaparkan bahwa SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti suap.

Baca Juga: Sucofindo Cabang Jambi Raih Apresiasi pada 5th Apresiasi Program CSR Kota Jambi 

“Penerapan standar SNI ISO 37001 dengan utuh dan konsisten terhadap seluruh persyaratan standar yang ada, dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap akan mendukung pencapaian Rencana Strategis maupun Kinerja BKKBN,” kata Herliana.

Sistem manajemen ini menggunakan pendekatan risiko. Penerapan ISO 37001 memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang relasi internal maupun eksternal, dengan memahami dan proaktif mengelola risiko penyuapan dari hubungan kerja tersebut. 

“Penerapan Standar Internasional ini, memungkinkan organisasi untuk mengelola risiko penyuapan secara sistematis melalui model PDCA (Plan, Do, Check, Act) untuk mencapai tujuan dari organisasi dalam proses eradikasi penyuapan,” tambah Herlina.

Pada kesempatan yang sama Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo mengungkapkan bahwa komitmen ini bertujuan agar BKKBN yang sudah tersertifikasi dalam me-manage sesuai dengan standar yang berlaku dapat secara sustain dalam penerapan ISO 37001 ini.  

Lebih lanjut Hasto menyampaikan rasa terima kasih kepada SUCOFINDO yang telah mendukung implementasi SNI ISO 37001 : 2016 tentang SMAP di lingkungan BKKBN. “Setelah disertifikasi oleh SUCOFINDO, maka BKKBN ini lebih harus memantaskan diri sebagai lembaga yang sudah certified, sehingga kedepannya kami akan terus meningkatkan standard management untuk mencapai tujuan dari BKKBN," ungkap Hasto.

Selanjutnya, Herliana menyampaikan Dengan diperolehnya Sertifikat SNI ISO 37001:2016 ini aka yakin bahwa perbaikan akan senantiasa dilakukan. "Perubahan akan terus diupayakan dan peningkatan akan terus berkelanjutan dalam berbagai lini pekerjaan dan pelaksanaan kebijakan anti suap,” tutup Herliana. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: