Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bennett Akui Geram Iran Terobos Garis Merah Senjata Nuklir, Dibongkar Semuanya

Bennett Akui Geram Iran Terobos Garis Merah Senjata Nuklir, Dibongkar Semuanya Kredit Foto: Instagram/Naftali Bennett
Warta Ekonomi, Teheran -

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan pada Senin (27/9/2021) bahwa Iran telah melewati "semua garis merah" dalam program nuklirnya dan bersumpah bahwa Israel tidak akan membiarkan Teheran memperoleh senjata nuklir.

Dalam pidato pertamanya di Majelis Umum PBB, Bennett mengatakan Iran berusaha mendominasi Timur Tengah di bawah "payung nuklir" dan mendesak upaya internasional yang lebih terpadu untuk menghentikan kegiatan nuklir Iran.

Baca Juga: Level Serius, Perdebatan Sengit Pemimpin Zionis Tentang Kemajuan Nuklir Iran

Tetapi dia juga mengisyaratkan potensi Israel untuk bertindak sendiri terhadap Iran, sesuatu yang telah berulang kali diancam.

"Program nuklir Iran telah mencapai titik penting, dan begitu juga toleransi kita. Kata-kata tidak menghentikan sentrifugal berputar," kata Bennett. "Israel tidak akan membiarkan Iran memperoleh senjata nuklir."

Duta Besar PBB untuk Iran, yang telah membantah mencari bom nuklir, menolak pidato Bennett sebagai "penuh kebohongan."

Bennett, seorang politisi sayap kanan yang menentang kenegaraan Palestina, juga memicu reaksi kemarahan Palestina setelah ia gagal menyebutkan konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun.

Bennett, yang mengakhiri 12 tahun masa jabatan Benjamin Netanyahu sebagai perdana menteri pada Juni, ingin Presiden AS Joe Biden mengeraskan pendiriannya terhadap Iran, musuh bebuyutan regional Israel. Dia menentang upaya AS untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 yang ditinggalkan oleh pendahulu Biden, Donald Trump, pada 2018.

Pembicaraan tidak langsung AS-Iran di Wina terhenti karena Washington menunggu langkah selanjutnya oleh presiden garis keras baru Iran, Ebrahim Raisi.

Bennett memberikan nada yang kurang agresif di PBB daripada Netanyahu, yang sering mengandalkan alat peraga untuk mendramatisasi tuduhannya terhadap Iran, sebuah pendekatan yang dicemooh oleh para kritikus sebagai aksi politik.

Tetapi Bennett sama bersikerasnya dengan Netanyahu dalam berjanji untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencegah Iran, yang dipandang Israel sebagai ancaman eksistensial, dari membangun senjata nuklir.

"Program senjata nuklir Iran berada pada titik kritis. Semua garis merah telah dilewati," kata Bennett.

Dia menyerukan tindakan internasional. "Jika kita berusaha keras, jika kita serius menghentikannya, jika kita menggunakan akal kita, kita bisa menang," kata Bennett.

Biden mengatakan kepada Bennett dalam pembicaraan Gedung Putih pada bulan Agustus bahwa dia mengutamakan "diplomasi" dengan Iran tetapi jika negosiasi gagal, dia akan siap untuk beralih ke opsi lain yang tidak ditentukan. Badan pengawas atom PBB mengatakan dalam laporan Agustus bahwa Iran telah mempercepat pengayaan uranium hingga mendekati tingkat senjata. Baca selengkapnya

Bennett juga membidik Raisi, menyebutnya sebagai "penjagal Teheran" dan menuduhnya melakukan pelanggaran hak asasi manusia selama bertahun-tahun. Raisi, seorang ulama Syiah, berada di bawah sanksi AS atas tuduhan pelanggaran hak ketika dia menjadi hakim.

"Phobia Iran merajalela di PBB," Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht Ravanchi memposting di Twitter. Israel "tidak dalam posisi untuk membahas program damai kami ketika memiliki ratusan hulu ledak nuklir," katanya, merujuk pada status Israel yang diyakini secara luas sebagai satu-satunya negara bersenjata nuklir di Timur Tengah.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: