Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Senjata-senjata Israel Diidentifikasi Habisi Ilmuwan Militer Iran, Siap Balas Dendam?

Senjata-senjata Israel Diidentifikasi Habisi Ilmuwan Militer Iran, Siap Balas Dendam? Kredit Foto: Tasnim News
Warta Ekonomi, Teheran -

Pemerintah Iran mengklaim, senjata yang digunakan untuk membunuh ilmuwan nuklir mereka, Mohsen Fakrizadeh, merupakan buatan Israel.

Anggota Dewan Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani, mengatakan, serangan itu dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik. Fakhrizadeh merupakan salah satu pendiri program nuklir militer Iran dua dekade lalu.

Baca Juga: Drone Bunuh Komandan Pasukan Khusus Iran, Gawat Perang Dunia!

"Tidak ada pelaku di lokasi pembunuhan itu," kata Shamkhani dalam pernyataannya, seperti dikutip Independent, Selasa (1/12/2020).

Dia juga menyalahkan kelompok Mujahidin-e-Khalq berperan dalam insiden tersebut. Media Iran menyebut senjata yang ditemukan di lokasi serangan memiliki logo dan spesifikasi industri militer Israel. 

Bahkan sebuah media berbahasa Arab mengatakan senjata itu dikendalikan dengan menggunakan satelit. Israel hingga kini belum menyampaikan pernyataan resmi terkait serangan itu.

Pemakaman Fakhrizadeh dihadiri oleh para pejabat tinggi termasuk Panglima Tertinggi Pengawal Revolusi Jenderal Hossein Salami, Kepala Program Nuklir Sipil Iran Ali Akbar Sahei, dan Menteri Intelijen Mahmoud Alavi.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah menjanjikan 'balas dendam' atas pembunuhan Fakhrizadeh. Sosok yang dijuluki sebagai 'bapak program nuklir Iran' itu dibunuh di pinggiran Teheran pada 27 November 2020.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran, Jenderal Amir Hatami, mengatakan dalam pidatonya bahwa pembunuhan itu justru akan membuat Iran lebih bertekad dan bersatu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: