Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Studi: Konsumsi Ganja Meningkat Mengakibatkan Muntah yang Tidak Terkendali

Studi: Konsumsi Ganja Meningkat Mengakibatkan Muntah yang Tidak Terkendali Kredit Foto: Unsplash/Gras Grun
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kondisi “aneh” mengenai kesehatan cukup meningkat di Amerika Serikat terutama di negara bagian yang telah melegalkan ganja. Pengguna ganja, termasuk remaja, muncul di ruang gawat darurat dengan keluhan gangguan usus yang parah.

Melansir laman edition.cnn.com (17/9/21), Dr. Sam Wang, spesialis pengobatan darurat pediatrik dan ahli toksikologi di Children's Hospital Colorado mengungkapkan mereka menggeliat, memegangi perut mereka dan mengeluh sakit perut yang sangat parah disertai mual.

Baca Juga: Penting! Stres Dapat Memperburuk Diabetes

"Mereka muntah dan kemudian terus memuntahkan apa pun yang ada di perut mereka, yang bisa berlangsung berjam-jam," kata Wang. "Mereka sering mengatakan bahwa mereka mandi air panas sebelum datang ke UGD tetapi itu tidak membantu.

"Saat itulah kami tahu kami mungkin memiliki kasus sindrom hiperemesis ganja, atau CHS."

Sindrom hiperemesis ganja muncul di dunia medis pada tahun 2004, ketika sekelompok peneliti Australia menulis tentang 19 pengguna ganja kronis yang telah berulang kali mengalami sakit perut dan muntah-muntah. Para peneliti mengikuti sembilan pasien dari waktu ke waktu dan menemukan gejala hilang ketika penggunaan ganja dihentikan tetapi kembali ketika dimulai kembali.

Anehnya, lebih dari setengah dari 19 orang dilaporkan menggunakan bak mandi air panas atau pancuran yang sangat panas untuk mengobati sendiri gejalanya. Karena semakin banyak kasus CHS mulai muncul, mandi air panas sebagai perawatan di rumah menjadi tema yang berulang.

"Pasien sering berkata, 'Anda tahu, selalu di malam hari saya mual, muntah,'" kata Wang. "Jadi mereka memberi tahu saya, 'Saya mandi air panas, dan keadaannya membaik, lalu terjadi lagi malam berikutnya.'

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin?

"Cukup universal bagi pasien ini untuk mengatakan bahwa mereka membutuhkan mandi air panas yang benar-benar panas, atau mandi air panas yang benar-benar panas, untuk memperbaiki gejala mereka," katanya.

Mengapa panas? "Itu tidak sepenuhnya jelas," kata Wang, yang juga seorang profesor pediatri di Kampus Medis Universitas Colorado Anschutz di Aurora, Colorado.

Tetrahydrocannabinol, atau THC, senyawa psikoaktif utama dalam gulma, memiliki akses ke reseptor rasa sakit tubuh, jadi satu teori adalah bahwa sensasi panas yang ekstrim mengganggu siklus rasa sakit, sehingga mengurangi gejala.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: