Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cegah Serangan Jantung! Yuk, Konsumsi Makanan Ini

Cegah Serangan Jantung! Yuk, Konsumsi Makanan Ini Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kacang mete merupakan jenis kacang yang kaya vitamin, mineral, nutrisi dan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan. Kacang jenis ini menawarkan manfaat kesehatan utama, termasuk penurunan berat badan dan peningkatan kesehatan jantung.

Kendati kacang mete mengandung banyak lemak, fakta bahwa lemak dalam kacang mete merupakan lemak baik yang dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dan penurunan risiko kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Dilansir Times Now News, kacang mete telah digunakan untuk membuat alternatif susu seperti susu kacang mede hingga saus krim berbasis kacang mede.

Baca Juga: Selamat Hari Anak Sedunia! Ayo Jalankan Protokol Kesehatan

Berdasarkan Basis Data Gizi Nasional Departemen Pertanian (USDA) AS, satu ons kacang mete mentah (sekitar 28,35 gram) mengandung nutrisi dalam jumlah yang berbeda.

Kacang mete juga mengandung Vitamin C dan Vitamin B, termasuk tujuh mikrogram (mcg) folat DFE. Berikut manfaat kesehatan dari konsumsi kacang mete.

1. Kesehatan jantung
Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar trigliserida sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Dalam satu studi, mengkonsumsi kacang mete meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah pada orang India Asia dengan diabetes tipe 2. Juga, vitamin dan mineral tertentu dalam kacang mede, termasuk Vitamin E dan B-6, kalium, dan asam folat dapat membantu melindungi penyakit jantung.

2. Penurunan berat badan
Makan beragam kacang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Percobaan menunjukkan bahwa rejimen makanan yang memasukkan konsumsi kacang dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan rejimen yang mengecualikan kacang. 

Selain itu, ulasan penelitian yang diterbitkan pada 2017 menemukan bahwa kacang-kacangan meningkatkan perasaan kenyang dan berkontribusi terhadap thermogenesis (produksi panas dalam tubuh), yang dapat mempercepat metabolisme dan membantu menjaga berat badan yang sehat. (Baca juga:Cegah Serangan Jantung Saat Main Bola, Ini Saran Dokter)

3. Kesehatan tulang
Kacang mete juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang karena mengandung banyak tembaga. Telah terbukti bahwa defisiensi tembaga dapat menyebabkan kepadatan mineral tulang yang lebih rendah dan menyebabkan osteoporosis. Mineral seperti magnesium dalam kacang mete juga membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Selain itu, mangan, bersama dengan kalsium dan tembaga, dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Kesehatan mata
Kacang mete juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik - lutein dan zeaxanthin - yang dapat melindungi mata dari kerusakan, membantu mengurangi risiko katarak. Karena itu, menambahkan kacang mete ke dalam makanan dapat membantu melindungi sel-sel sehat di mata.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: