Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Baru Dibeli, Apakah Masker Kain Harus Dicuci Sebelum Dipakai?

Baru Dibeli, Apakah Masker Kain Harus Dicuci Sebelum Dipakai? Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi -

Masker wajib dikenakan semasa pandemi Covid-19. Para peneliti dari Universitas Edinburgh, Skotlandia, telah mengungkap bahwa masker secara signifikan mengurangi kemungkinan penularan Covid-19 melalui droplet alias percikan liur.

Lalu, apakah masker kain yang baru dibeli bisa langsung dipakai atau wajib dicuci dahulu? Bagaimanakah cara mencucinya agar kenyamanan dan keandalannya terjaga? Berikut tips yang dikutip dari laman Huffington Post.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit Wajah selama Pakai Masker

Cuci Masker

Setiap masker kain yang baru dibeli harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Masker kain yang sudah selesai digunakan juga harus selalu dicuci. Jangan gunakan masker kain yang sudah pernah dipakai, namun belum dicuci karena efektivitasnya berkurang dan dapat memicu iritasi pada kulit.

Jangan Gunakan Pelembut Kain atau Deterjen Berpewangi

Hindari penggunaan pelembut kain saat mencuci masker karena studi pada kain handuk mengungkapkan bahwa penggunaan pelembut kain dapat mengurangi tingkat penyerapan kain. Zat pewangi kimia pada deterjen juga sebaiknya dihindari saat mencuci masker kain.

Pilih deterjen yang tidak berpewangi. Bila tetap ingin menggunakan pelembut pakaian atau deterjen berpewangi untuk pakaian-pakaian lain, tak ada salahnya mencuci masker kain secara terpisah. Mencuci masker kain dengan tangan menggunakan air panas dan sabun tak berpewangi juga sudah cukup baik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: