Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Anies Baswedan Tegaskan Punya Strategi Hadapi Covid-19, Katanya..

Anies Baswedan Tegaskan Punya Strategi Hadapi Covid-19, Katanya.. Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Gubernur Anies Rasyid Baswedan menjelaskan DKI Jakarta memiliki strategi untuk menghadapi pandemi Covid-19. Strategi inilah yang membuat jumlah kasus infeksi Covid-19 di DKI terlihat begitu tinggi dibandingkan sejumlah wilayah lain. Pada Rabu, 29 Juli 2020 jumlah warga yang terjangkit 584 orang.

"Kenapa di Jakarta itu jumlahnya tinggi? Saya ingin sampaikan kepada semuanya di sini karena Jakarta mengambil strategi mencari orang-orang yang terpapar lalu diisolasi. Lalu diputus mata rantainya," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Pinjam Rp12,5 Triliun ke Sri Mulyani untuk...

Kalau Jakarta hanya ingin tampak jumlahnya sedikit, Anies menegaskan pemerintah tidak perlu melakukan pemeriksaan. Akan tetapi, ia mengatakan wabahnya tidak akan pernah mereda jika langkah tersebut diambil.

Maka, yang dikerjakan pemerintah DKI Jakarta adalah melakukan pengetesan sebanyak mungkin, mencari orang-orang yang positif. Begitu ketemu yang positif, kalau tanpa gejala, tidak berisiko, dan cukup isolasi atau karantina mandiri. Kalau memiliki gejala atau berisiko maka akan diminta diisolasi di rumah sakit

Sebenarnya, menurut Anies, pemerintah menargetkan memeriksa paling sedikit 10 ribu orang per minggu. Namun DKI Jakarta bahkan sampai 43 ribu orang per minggu dengan persentase 6,3 persen.

"Nah 6,3 persen inilah yang kalau tidak ketahuan itu mereka akan menularkan kepada lebih banyak lagi," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat ikut membantu menjelaskan bahwa angka positif yang ditemukan di Jakarta harus disyukuri. Kalau mereka tidak ditemukan atau dideteksi maka mereka menularkan dan penyebarannya akan makin tak terkendali.

Kalau seseorang terpapar Covid-19 tapi dia tidak tahu terjangkit, Anies berargumentasi orang itu akan menularkan kepada suami/istrinya, anaknya, teman kerjanya, orang tuanya, dan seterusnya. Tapi jika orang itu segera diketahui telah terinfeksi, upaya pencegahan bisa segera dilakukan sehingga tidak menulari orang lain.

"Saya selalu sampaikan, kalau ada angka positif itu harus kita syukuri ketahuan. Banyak dari kita yang menganggap kalau positif berarti masalah. Memang kita masih punya wabah. Sedunia masih ada wabah. Pilihannya adalah mau ditemukan atau tidak," ujarnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: