Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri BUMN: Kartu Tani untuk Verifikasi KUR

Menteri BUMN: Kartu Tani untuk Verifikasi KUR Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah berencana memanfaatkan program subsidi langsung untuk petani melalui Kartu Tani untuk membantu verifikasi kredit usaha rakyat (KUR) bagi petani agar kemudian dapat mendukung peningkatan produksi pertanian.

"Dengan ada Kartu Tani itu, kami juga mulai verifikasi kemungkinan mereka mendapat KUR untuk masa tanam yang akan datang," kata Menteri BUMN Rini Soemarno dalam rapat pembahasan subsidi pupuk di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Rini menjelaskan proses implementasi Kartu Tani sudah dimulai bersama-sama dengan Kementerian Pertanian dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), terutama BRI, Mandiri, dan BNI.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pihak perbankan nantinya akan melihat Kartu Tani sebagai dasar untuk konfirmasi KUR bagi petani padi yang memiliki tanah.

"Nanti oleh perbankan dilihat betul tidak itu ada tanahnya, jadi bisa mengonfirmasi. Ini semacam test the water juga di mana kartu dipakai sebagai dasar," kata dia.

Mardiasmo juga menjelaskan bahwa validasi untuk petani penerima Kartu Tani sendiri akan berdasarkan kesesuaian nama, alamat, dan nomor induk kependudukan.

Data petani penerima pupuk subsidi itu akan digabungkan dengan data penduduk miskin agar kemudian mendapatkan data mengenai petani miskin.

"Semua petani yang dapat subsidi, kami kerucutkan lagi supaya menjadi satu kesatuan. Maka kami cari petani yang miskin," kata Mardiasmo. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: