Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Filipina Genjot Vaksinasi Hadapi Omicron, Duterte: Kami Suntik 9 Juta Orang dalam 3 Hari

Filipina Genjot Vaksinasi Hadapi Omicron, Duterte: Kami Suntik 9 Juta Orang dalam 3 Hari Kredit Foto: AP Photo/Aaron Favila
Warta Ekonomi, Manila -

Filipina pada Senin (29/11/2021) meluncurkan upaya ambisius untuk memvaksinasi sembilan juta orang terhadap COVID-19 dalam tiga hari. Pemerintahnya mengerahkan pasukan keamanan dan ribuan sukarelawan dalam sebuah program yang dibuat mendesak oleh ancaman varian Omicron.

"Ini adalah satu-satunya dorongan terbesar kami untuk mempercepat vaksinasi," kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte di pusat vaksinasi di timur ibu kota Manila, dilansir Reuters.

Baca Juga: Kontrol Perbatasan Filipina Diperketat Usai Banyak Negara Laporkan Varian Omicron

Meskipun target sebelumnya 15 juta tembakan dikurangi, sembilan juta masih akan menjadi jumlah yang signifikan di negara kepulauan di mana logistik dan keraguan vaksin menjadi kendala.

Di beberapa dari 8.000 lokasi vaksin, tempat 160.000 sukarelawan bekerja, polisi membantu ratusan orang yang mengantri, sementara orang tua membawa anak-anak untuk disuntik.

"Ini penting untuk menghindari COVID-19 dan bagi kami ketika kami melakukan kelas tatap muka di masa depan," kata Sean Gerald Valdez, 12, setelah disuntik.

Tiga juta vaksinasi harian akan hampir empat kali lipat rata-rata nasional 829.000 selama November.

Carlito Galvez, kepala vaksinasi negara itu, mengatakan bahwa varian baru Omicron telah membuat kampanye ini menjadi lebih penting.

"Lebih baik bersiap untuk efek Omicron," katanya kepada CNN Filipina.

Omicron, yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) digambarkan sebagai "varian perhatian", belum terdeteksi di Filipina. Penyebarannya telah memicu pembatasan perjalanan global dan mengguncang pasar keuangan.

Filipina telah menghadapi salah satu wabah COVID-19 terburuk di Asia dan peluncuran vaksinnya lebih lambat daripada banyak negara tetangga, dengan lebih dari sepertiga dari 110 juta penduduknya diinokulasi.

Rata-rata infeksi harian baru telah turun tajam menjadi 1.644 pada November dari 18.579 pada September, membuka jalan bagi pembukaan kembali ekonomi yang lebih luas.

Namun, tingkat vaksinasi tidak merata, dengan 93% penduduk yang memenuhi syarat di wilayah ibu kota diinokulasi dibandingkan dengan 11% di bagian termiskin di selatan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: