Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024, Relawan: Biar Lapangan Pekerjaan Lebih Terbuka

Dorong Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024, Relawan: Biar Lapangan Pekerjaan Lebih Terbuka Kredit Foto: Instagram/Sandiaga Salahuddin Uno
Warta Ekonomi -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno didorong untuk maju sebagai calon presiden (capres) di 2024. Dukungan tersebut dideklarasikan Relawan Kawan Sandi (RKS) di Paotere Makassar, Sulawesi Selatan.

"Rakyat sedang sulit akibat pandemi. Kita ingin perubahan hidup lebih baik ke depan. Pendapatan rumah tangga kembali normal dan lapangan pekerjaan lebih terbuka. Dan kami menyakini figur Sandiaga Uno tepat mengemban harapan tersebut," ujar perwakilan RKS Adhi Saputra, dalam keterangannya, Rabu (16/9/2021).

Deklarasi tersebut dilakukan RKS di atas perahu Pelabuhan Rakyat Paotere, pusat ekonomi rakyat kecil yang menghubungkan Kota Makassar dengan ratusan pulau di wilayah Sulsel.

Baca Juga: Prihatin Atas Penangkapan Alex Noerdin, Gubernur Sumsel Bilang Begini

RKS mengatakan sebagai relawan lintas profesi, lintas agama, lintas generasi, dan lintas suku. Mereka berfokus memperjuangkan nasib rakyat kecil yang kesulitan akibat pandemi COVID-19.Selain mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai capres 2024, RKS juga menggelar aksi sosial di Paotere. Mereka membagikan masker, hand sanitizer, hingga paket sembako kepada warga.

"Ini bentuk kepedulian kawan Sandi untuk rakyat kecil," ucap perwakilan RKS lainnya, Andry Arief Bulu

Sandiaga dalam beberapa pekan terakhir memang mendapatkan dorongan untuk maju dalam Pilpres 2024. Dukungan tersebut berasal dari kalangan emak-emak Sukabumi, pedagang sayur di Bandung, kelompok Rabanah di Kampar, Riau.

Menurut beberapa survei, Sandiaga cukup berpeluang di pilpres mendatang. Hasil survei Indonesia Political Opinion bertajuk 'Refleksi Penanganan Pandemi dan Dampak Konstelasi Politik 2024’, menunjukkan Sandiaga masuk ke 3 besar dari 20 nama potensial jelang Pilpres 2024.

Di survei ini, elektabilitasnya bahkan unggul dari Prabowo. Survei dilakukan pada 2-10 Agustus dengan melibatkan 1.200 responden, serta margin eror 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 97 persen.

"Anies Baswedan menempati posisi teratas dengan 18,7 persen. Disusul Ganjar Pranowo 16,5 persen, Sandiaga Uno 13,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah, dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (14/8).

Baca Juga: Anies Diragukan Bisa Maju Sampai Pilpres 2024, Pengamat: Lihat Dulu Bagaimana Kinerja Beliau di DKI

Sementara Survei Charta Politika pada Juli 2021 menunjukkan kans Sandiaga di 2024 tak terperosok. Namanya masuk 5 besar dengan elektabilitas 4,6%, unggul dari sejumlah nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Puan Maharani, dan Airlangga Hartarto.[]

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: