Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akankah PKS Setia dengan Anies Baswedan demi Pilpres 2024?

Akankah PKS Setia dengan Anies Baswedan demi Pilpres 2024? Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan salah satu kepala daerah yang disebut-sebut masuk bursa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan survei sejumlah lembaga riset politik. Hingga saat ini, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun memiliki pendukung setia.

Pendukungnya kebanyakan adalah masyarakat yang kontra dengan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Salah satu partai politik yang berada di luar Pemerintahan Jokowi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Lalu, sejauh mana PKS mampu memperjuangkan Anies Baswedan untuk ikut Pilpres 2024?

Baca Juga: Coba Dengar Anies Baswedan: Ga Usah Masuk Gorong-Gorong Pak, Takut...

"PKS berjuang agar Pilkada 2022 dan 2023 tetap berjalan. Anies Baswedan salah satu figur yang berkualitas," ujar Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Hidup, Mardani Ali Sera, kepada SINDOnews, Selasa (16/2/2021).

Karena itu, kata legislator asal daerah pemilihan DKI Jakarta I atau wilayah Jakarta Timur ini, biarkan rakyat yang memilih siapa calon terbaik di 2024 dengan memberi ruang kontestasi di 2022 dan 2023. "PKS juga akan berjuang mengajukan kadernya pada Pemilu 2024," kata Mardani yang juga merupakan mantan Ketua Tim Pemenangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017 ini.

Kendati demikian, Mardani enggan membeberkan siapa saja dari internal PKS yang disiapkan untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang. "Masih dinamis. Dan, pimpinan partai punya peluang besar diajukan," katanya.

Sekadar diketahui, Anies Baswedan hingga saat ini bukan kader partai politik mana pun. Sebelum menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah salah satu anggota Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla (JK), menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya lagi, Anies Baswedan menjabat sebagai salah satu Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK bersama Akbar Faisal (NasDem), Hasto Kristiyanto (PDIP), Andi Widjajanto, dan diketuai oleh Rini Mariani Soemarno. Kantornya di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Adapun salah satu tugas tim transisi Jokowi-JK itu adalah mempersiapkan konsep kelembagaan pemerintahan, termasuk merancang arsitektur kabinet, sektor, dan berbagai kebijakan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: