Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Parpol Diprediksi Akan Ramai-Ramai Rebutan Gatot Nurmantyo

Parpol Diprediksi Akan Ramai-Ramai Rebutan Gatot Nurmantyo Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meski tak memiliki kendaraan partai politik, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tetap akan menarik minat parpol.

Menurut pakar hukum tata negara Refly Harun di kanal YouTube Refly Harun, Minggu (4/10/2020), semakin Gatot Nurmantyo diadang, diisukan dipolisikan, diisukan makar, maka yang bersangkutan akan makin populer.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Tetap Sulit Geser Peran Prabowo Subianto Kecuali...

Jika sekarang survei yang ada masih mengunggulkan Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno, besok-besok sosok Gatot Nurmantyo patut diperhitungkan. Masalahnya kemudian adalah kendaraan politiknya.

Sampai saat ini, kata Refly, yang aman dan telah memiliki kendaraan politik adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Diketahui, Prabowo juga Ketua Umum Partai Gerindra. Sementara, sosok seperti Anies, Ridwan Kamil, dan Gatot Nurmantyo tidak memiliki kendaraan politik. Namun, mereka tetap potensial didukung parpol.

Nah, khusus untuk Gatot, bisa jadi dia tetap dengan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) sebagai moral force.

"Tetapi, popularitas dia akan terus membesar, akan membawa dia ke pusaran elite calon-calon presiden dan pada saatnya nanti kalau elektabilitasnya tinggi maka banyak partai akan mendekatinya," ujar Refly.

Apalagi, lanjutnya, jika presidential threshold nol persen, seperti yang saat ini dia perjuangkan bersama Rizal Ramli melalui gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tokoh-tokoh yang disebutkan itu bisa bertarung bebas, tidak perlu lagi harus berbagi peran sebagai presiden dan calon wakil presiden karena mereka bisa menjadi calon presiden semuanya," jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: