Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mardani Ali Sera: Teladan Hidup Pancasilais Diperlukan Masyarakat

Mardani Ali Sera: Teladan Hidup Pancasilais Diperlukan Masyarakat Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setiap 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, menyatakan bahwa Pancasila adalah komitmen seluruh masyarakat dan menjadikannya sebagai rumah besar bagi bangsa Indonesia.

Namun, seiring berjalannya waktu, Pancasila kerap hanya dijadikan slogan. Padahal, yang harus dilakukan masa kini adalah penghayatan dan pengalaman nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Peringati Hari Pancasila, Jokowi: Kita Harus Menang Lawan Covid-19!

"Pancasila tidak hanya jargon maupun hafalan belaka. Akan tetapi, aplikasi, implementasi, dan aksi yang pancasilais merupakan hal yang utama," ujarnya melalu akun twitter @MardaniAliSera, Senin (1/6/2020).

Anggota Komisi II DPR itu megatakan, banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti membesarkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), menjadikan masyarakat yang religius, rukun dan damai, mewujudkan empat cita-cita bangsa, dan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju.

Mardani menuturkan, Pancasila tidak perlu lagi diperdebatkan. "Jangan bawa Pancasila ke dalam pertentangan ideologi karena Pancasila sudah final," ucapnya.

Dia mengajak para elite dan tokoh negeri ini untuk memberikan teladan hidup yang terkandung dalam Pancasila. Selama ini, masyarakat lebih sering disuguhi perdebatan dan konflik antarelite. Belum lagi, adanya perilaku elite dan pejabat yang tercela, seperti terlibat kasus korupsi.

"Negeri ini mampu menjadi negeri pancasilais jika diiringi dengan sikap para elite yang memberikan contoh positif untuk masyarakat. Teladan hidup pancasilais seperti itu diperlukan masyarakat," tuturnya.

Indonesia harus menjadi tempat yang nyaman dalam menjalankan kehidupannya. Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus memberikan perlindungan dan saling menghormati terhadap hak-hak masyarakat. Semua pihak harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan untuk menghindari perpecahan.

"Terakhir dan perlu diingat, tugas kita semua untuk mewujudkan pancasila menjadi fondasi dan rumah yang ramah bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: