Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bennett Berjanji Tidak Usir Orang-orang Arab di Sheikh Jarrah, tapi Fakta di Lapangan...

Bennett Berjanji Tidak Usir Orang-orang Arab di Sheikh Jarrah, tapi Fakta di Lapangan... Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Yerusalem -

Pemerintah Israel tidak berencana mengusir penduduk Arab di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem. Menurut sumber yang dekat dengan Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan untuk menghindari sengketa properti yang semakin memanas.

Pengadilan Tinggi menjadwalkan sidang pada Senin (26/7/2021) tentang pengusiran empat keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah, lingkungan Yerusalem timur yang dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai Shimon Hatzadik. Pengadilan yang lebih rendah telah menguatkan klaim bahwa properti itu dimiliki oleh Nahalat Shimon Company, yang berusaha mengembangkan tanah untuk perumahan Yahudi.

Baca Juga: Aktivis Yerusalem Muna El-Kurd Soroti Perjuangan Sheikh Jarrah dalam Pidato Kelulusan

Bahkan jika putusan tersebut memungkinkan pengusiran warga Palestina, pengadilan tidak mungkin memerintahkan negara untuk memberlakukannya atau memberikan tenggat waktu untuk melakukannya, kata sumber yang dekat dengan Bennett. Dia menambahkan bahwa pemerintah akan mengambil keuntungan dari itu untuk tidak melakukannya. menyulut api konflik di Yerusalem.

Keputusan tahun 1991 oleh jaksa agung saat itu Yosef Harish memberikan wewenang kepada polisi untuk menolak melaksanakan penggusuran jika ada bahaya besar dari melakukannya.

Pengadilan Tinggi diperkirakan akan memutuskan masalah Sheikh Jarrah sementara Penasihat Keamanan Nasional Bennett Eyal Hulata dan Penasihat Diplomatik Shimrit Meir berencana untuk berada di Washington untuk bertemu dengan rekan-rekan Amerika mereka menjelang kunjungan perdana menteri ke Gedung Putih, kemungkinan berlangsung pada akhir Agustus.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah berulang kali menyatakan keprihatinan bahwa penggusuran di Sheikh Jarrah dapat memicu ketegangan dan bahkan perang.

Nasib penduduk Sheikh Jarrah telah mendapat perhatian internasional, dan tidak menggusur mereka akan membantah klaim bahwa pertempuran antara Israel dan kelompok teroris di Jalur Gaza pada Mei dimulai karena penggusuran di lingkungan Yerusalem, sumber tersebut menambahkan.

Israel berpendapat bahwa Hamas, yang menembakkan rentetan roket ke Yerusalem dan ribuan lainnya ke wilayah Israel lainnya, mengangkat masalah Yerusalem dan meningkatkan serangannya sebagai bagian dari perebutan kekuasaan dengan Otoritas Palestina setelah PA membatalkan pemilihan parlemen.

Perbedaan antara kasus Sheikh Jarrah dan kantong Badui yang dibangun secara ilegal di Khan al-Ahmar dekat Kfar Adumim di Tepi Barat adalah bahwa pemerintah bukan pihak dalam perselisihan Sheikh Jarrah, kata sumber tersebut.

Pemerintah saat ini sedang mengkaji apakah akan melanjutkan penundaan pembongkaran Khan al-Ahmar oleh pemerintah sebelumnya.

Dalam sidang sebelumnya tentang masalah Syekh Jarrah, Nahalat Shimon mampu membuktikan rantai kepemilikan untuk properti yang akan kembali ke keluarga Yahudi sebelum berdirinya Negara Israel.

Empat keluarga yang rumahnya dipertanyakan adalah bagian dari kelompok 28 yang meninggalkan rumah mereka di bagian lain Israel selama Perang Kemerdekaan 1948 dan datang ke Yerusalem timur, yang berada di tangan Yordania setelah perang. Yordania memberi mereka perumahan di Sheikh Jarrah di tanah milik orang Yahudi; sebagai gantinya, mereka menyerahkan status pengungsi mereka.

Mereka dilarang oleh hukum Israel untuk mengklaim kembali rumah mereka di bagian barat Yerusalem, Jaffa, Haifa dan di tempat lain.

Tanah Sheikh Jarrah awalnya dimiliki oleh dua organisasi Yahudi, tetapi sekarang menjadi milik Nahalat Shimon.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: