Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hamas Laporkan Sumbangan Kripto Meroket Sejak Bentrokan dengan Israel, Ini Penyebabnya

Hamas Laporkan Sumbangan Kripto Meroket Sejak Bentrokan dengan Israel, Ini Penyebabnya Kredit Foto: Flash90/Abed Rahim Khatib
Warta Ekonomi, Ramallah, Tepi Barat -

Hamas mengatakan telah melihat peningkatan sumbangan cryptocurrency sejak bentrokan kekerasan dengan Israel pecah pada Mei, Wall Street Journal melaporkan pada Rabu (2/6/2021), mengutip seorang pejabat senior kelompok militan.

Eskalasi konflik bersenjata dimulai pada 7 Mei, ketika polisi Israel menyerbu situs suci Islam Masjid al-Aqsa selama periode Ramadan dan melukai lebih dari 200 orang. Kelompok Islam Palestina membalas dengan menembakkan roket ke Israel dari Gaza, setelah itu Israel membalas dengan serangan udaranya sendiri di Gaza.

Baca Juga: Komandan Senior Hamas Dijemput Paksa Militer Israel di Ramallah, Ini Alasannya

Kedua belah pihak akhirnya menyetujui gencatan senjata pada 20 Mei, setelah 11 hari pertempuran paling berdarah yang terlihat di wilayah itu dalam tujuh tahun.

Konflik tersebut menarik perhatian internasional secara luas, tidak hanya pada kekacauan situasi, tetapi juga ke situs web yang dijalankan oleh sayap bersenjata kelompok itu, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, kata WSJ. Tingginya minat menyebabkan peningkatan donasi yang memfasilitasi operasinya.

"Pasti ada lonjakan" dalam donasi bitcoin, pejabat Hamas mengatakan kepada WSJ. "Sebagian dari uang itu digunakan untuk tujuan militer untuk membela hak-hak dasar rakyat Palestina."

Tidak jelas kapan Hamas mulai menerima sumbangan kripto. Tetapi penunjukannya sebagai kelompok teroris oleh Israel, Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan Inggris berarti bahwa mereka harus berpaling dari sistem keuangan global untuk mengandalkan jaringan kompleks lainnya untuk pendanaan.

Grup ini secara khusus mendapat manfaat dari anonimitas transaksi kripto, kata WSJ. Tahun lalu, otoritas federal AS menyita $1 juta dalam cryptocurrency yang terkait dengan sayap bersenjata kelompok itu. Penyelidikan sebelumnya oleh WSJ menemukan al-Qassam mengubah sebagian besar bitcoinnya menjadi uang tunai, atau kartu hadiah, dibantu oleh dua perantara Turki.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: