Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Militer Israel Dikutuk Usai Tentaranya Tindih Warga Palestina

Militer Israel Dikutuk Usai Tentaranya Tindih Warga Palestina Kredit Foto: Antara/REUTERS/Mussa Qawasma
Warta Ekonomi, Gaza -

Pejabat Palestina mengecam seorang serdadu Israel yang terekam menindih leher pria Palestina dalam keadaan diborgol dalam unjuk rasa di Tepi Barat yang diduduki Israel. Militer Israel mengatakan sedang menyelidiki insiden tersebut.

Rekaman video menunjukkan Khairi Hanoon, seorang aktivis berusia 60-an tahun, didorong ke tanah oleh seorang serdadu.

Baca Juga: Tentara Israel Tertangkap Kamera Tindih Leher Warga Palestina

Tentara itu kemudian menindih leher dan kepala Hanoon dengan lutut selama 50 detik. Pihak Palestina mengecam insiden itu, tetapi militer Israel mengatakan tindakan pasukannya terkendali.

Dikatakannya rekaman itu "hanya sebagian, miring, dan tidak mencerminkan kerusuhan dan kekerasan terhadap aparat keamanan yang terjadi sebelum penangkapan".

Kejadian itu direkam dalam aksi protes menentang pembangunan permukiman Israel di Desa Shufa, dekat Nablus, pada Selasa (1/9/2020).

Permukiman di wilayah Palestina yang diduduki Israel seperti itu dianggap melanggar hukum internasional, tetapi Israel menganggapnya sah.

"Beberapa orang berusia lanjut melakukan pawai, dan berpikir tentara tak bakalan meyerang kami, tetapi kami keliru," kata Hanoon seperti dikutip surat kabar Haaretz.

"Usia saya 60, apa yang bisa saya lakukan terhadap seorang serdadu bersenjata? Tetapi bagi tentara di lokasi kejadian, saya adalah ancaman, dan dalam hitungan menit ia mulai menyerang saya secara brutal."

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: