Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tuh, Malaysia Saja Jumlah Penganggurannya Sudah Berkurang

Tuh, Malaysia Saja Jumlah Penganggurannya Sudah Berkurang Kredit Foto: Reuters/Lim Huey Teng
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Ekonomi Malaysia Mustapa Mohamed mengatakan jumlah pengangguran di Malaysia turun sebesar 28.200 orang pada Juli 2020 dibandingkan sebulan sebelumnya.

"Jumlah penganggur pada Juli 2020 adalah sebanyak 745.100 orang, berkurang sebanyak 28.200 orang dibandingkan Juni 2020," ujar Mustapa Mohamed kepada media di Putrajaya, Jumat.

Berdasarkan data tenaga pekerja Juli 2020, yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Malaysia, angka pengangguran menurun 4,7 persen setelah mencatatkan angka tertinggi 5,3 persen pada Mei 2020 dan Juni 2020 sebesar 4,9 persen.

Mustapa mengatakan sebagian besar sektor ekonomi terus mencatatkan peningkatan penggunaan tenaga kerja sejak Juni 2020.

Baca Juga: Sri Mulyani: Orang Miskin dan Pengangguran Makin Banyak

Ia mengatakan peningkatan yang mencolok dapat dilihat sebagian besar di sektor jasa, termasuk penginapan, bisnis makanan dan minuman, kesenian, hiburan dan rekreasi, pengangkutan, dan kegiatan berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi seperti, e-commerce dan e-hailing.

"Keadaan pasar buruh yang semakin baik ini didukung oleh aktivitas ekonomi yang semakin pulih," katanya.

Indeks Pengeluaran Perindustrian (IPP) yang meliputi tiga sektor utama, yaitu pertambangan, produksi, dan listrik, mencatat pertumbuhan positif sebesar 2,1 persen pada Juli 2020 dibandingkan Juli 2019 setelah mengalami penyusutan selama empat bulan berturut-turut sejak Maret.

"Peningkatan IPP didorong oleh pertumbuhan indeks produksi yang berkembang sebanyak 2,9 persen. Walau bagaimanapun, indeks pertambangan dan indeks listrik masing-masing mencatatkan penyusutan tiga persen persen dan 5,1 persen," katanya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: