Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alhamdulillah, Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Turki

Alhamdulillah, Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Turki Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Ankara -

Gempa dengan magnitudo 7,0 yang mengguncang Turki, berakibat sejumlah warga meninggal dunia. Namun, dari KBRI Ankara menyebutkan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

Menurut KBRI Ankara, gempa tersebut dirasakan hingga ke Istanbul yang berjarak sekitar 400 km dari lokasi gempa. Info sementara, sejumlah bangunan di pusat kota Izmir - kota ketiga terbesar di Turki setelah Istanbul dan Ankara - mengalami kerusakan berat.

Selain Izmir, kota-kota yang terdampak di sekitar wilayah tersebut antara lain kota Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla. Hingga saat ini belum ada laporan resmi mengenai korban akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Gempa M 7 Guncang Turki Dan Yunani, Empat Tewas

"Sejauh ini tidak diperoleh laporan mengenai adanya WNI yang terkena dampak langsung gempa tersebut", ujar Harliyanto, Koordinator Perlindungan WNI KBRI Ankara dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat 30 Oktober 2020.

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 98 WNI yang tinggal di Izmir dan daerah sekitarnya yang terdampak. Sebagian besar WNI berprofesi sebagai pekerja Spa dan mahasiswa. Terdapat sekitar 5.000 WNI yang tinggal di Turki, sebagian besar adalah mahasiswa (2700) dan pekerja (1500).

KBRI Ankara masih terus berkoordinasi dgn Satgas Perlindungan WNI, simpul-simpul WNI dan otoritas setempat. Pihak KBRI Ankara juga memberikan hotline perlindungan WNI di nomor: +90 532 135 22 98.

Sejauh ini, ada enam orang tewas dan sekitar 202 orang lainnya terluka akibat gempa yang mengguncang wilayah Turki. Jumlah korban diperkirakan bertambah karena proses pencarian korban masih berlangsung.

Menurut Wali Kota Seferihisar Izmir, Turki, Ismail Yetiskin, sempat terjadi tsunami kecil akibat gempa tersebut.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: