Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bamsoet Pimpin Upacara Pemakaman Sabam Sirait

Bamsoet Pimpin Upacara Pemakaman Sabam Sirait Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi -

Ketua MPR Bambang Soesatyo menjadi Inspektur Upacara pemakaman jenazah mendiang Sabam Sirait, anggota DPD sekaligus anggota MPR periode 2019-2024, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (3/10).

Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini mengungkapkan, perjalanan hidup Sabam Sirait laksana rangkaian diorama kehidupan, yang begitu lengkap menggambarkan besarnya kiprah dan pengabdiannya. Baik sebagai aktivis dan pemikir yang idealis, maupun sebagai tokoh politisi yang disegani.

"Kontribusi dan sumbangan pemikiran beliau telah dilembagakan dalam berbagai institusi. Antara lain sebagai Anggota DPR Gotong Royong (periode 1967-1973), sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Agung (periode 1983 hingga 1992), sebagai Anggota DPR dan MPR (periode 1973-1982 dan periode 1992-2009), serta sebagai Anggota DPD dan MPR (tahun 2018-2019 dan periode MPR 2019-2024), yang beliau jalani dengan penuh dedikasi hingga akhir hayat beliau," ujar Bamsoet, usai pemakaman.

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan, dirinya mengenal Sabam sebagai pribadi yang dengan sepenuh hati mencurahkan segenap tenaga dan pemikirannya untuk kemajuan demokrasi di Indonesia. Menjadi guru sekaligus teladan dalam kehidupan berpolitik, berbangsa dan bernegara.

"Sosoknya merupakan gambaran ideal dari perpaduan idealisme dan integritas, yang menjadi representasi dari seorang pejuang demokrasi sejati," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, tidak akan cukup kata-kata yang dapat dirangkai untuk menggambarkan dedikasi, karya, kiprah dan pemikiran Sabam, baik sebagai tokoh bangsa, maupun sebagai politisi yang piawai. Satu hal yang pasti, bagi keluarga yang mencintainya, dan bagi kolega yang menghormati almarhum, kepribadian Sabam yang senantiasa bersahaja, adalah legasi yang akan selalu dikenang, yang tidak akan lekang oleh kilasan masa.

"Anugerah Bintang Mahaputera Utama yang Sabam Sirait terima adalah wujud pengakuan negara, atas jasa, darma bakti, dan pengabdian beliau kepada bangsa dan negara. Kini beliau telah berpulang dengan damai, meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya, menghadap Sang Maha Pencipta," pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: