Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketua MPR Apresiasi Capaian Kinerja KPK Semester I 2020

Ketua MPR Apresiasi Capaian Kinerja KPK Semester I 2020 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri yang berhasil menyelamatkan uang negara mencapai Rp79 triliun selama Semester I Januari-Juni 2020. Hasil tersebut didapat dari upaya KPK mengedepankan pencegahan dengan menjalankan berbagai intervensi berupa penertiban aset daerah, pajak, dan sertifikasi lahan.

"Hal ini membuktikan aspek pencegahan tak kalah penting dalam sistem pemberantasan korupsi. Dari laporan KPK, per 30 Juni 2020 berhasil menyelamatkan pajak daerah mencapai Rp70,8 triliun. Pendapatan pajak tersebut memang turun di periode yang sama pada Juni 2019 yang mampu mengumpulkan Rp80,6 triliun lantaran perekonomian lesu akibat pandemi Covid-19," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: Cak Imin Jadi Sorotan KPK Gara-Gara....

Mantan Ketua DPR RI ini memaparkan, data lain yang dipublikasikan KPK terkait pencegahan, penertiban sertifikat untuk program sertifikasi tanah Pemda dengan total 6.147 persil seluas 18 juta meter persegi, mampu menyelematkan uang negara mencapai Rp3,8 triliun. Ada juga pemulihan aset 479 bidang per Juni 2020 dari pihak ke-3 seluruh Pemda senilai Rp762 miliar.

"Fasum dan Fasos yang diserahkan ke Pemda se-Indonesia dari pemerintah kota saja mencapai 367 bidang senilai Rp1,1 triliun. Piutang Pemda se-Indonesia yang berhasil ditagihkan dengan kerja sama Kejati/Kejari sebesar Rp4,2 triliun. Hal itu menunjukan bahwa KPK telah membangun sinergi antarpenegak hukum. Tak berjalan sendirian dan tak mengedepankan ego sektoral," tutur Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga mengingatkan KPK agar tak berpuas diri terhadap berbagai capaian yang telah ditorehkan. Pekerjaan rumah memberantas korupsi masih panjang. Rakyat menunggu berbagai hasil lainnya. Sejauh ini tercatat, KPK telah menyelesaikan 99 perkara terdiri dari 82 perkara sudah incracht dan 17 perkara masih dalam proses penuntutan.

Selain itu, KPK juga melakukan penggeledahan sebanyak 25 kali dan penyitaan sebanyak 201 kali. KPK juga sudah melakukan penangkapan dan penahanan pelaku korupsi sebanyak 61 orang. Perkara penyidikan sebanyak 160 perkara. Pemeriksaan saksi sebanyak 3.512 orang. Serta pemanggilan tersangka dan penetapan tersangka sebanyak 85 orang.

"Apakah hal ini sudah cukup? Tentu saja belum. Rakyat menanti Indonesia yang bersih dari korupsi, seperti negara-negara maju lainnya, sehingga uang negara bisa digunakan untuk menyejahterakan rakyat," pungkas Bamsoet.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: