Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PDB China Lewat! Pandemi 2020 Bikin Kekayaan Miliarder Dunia Tembus Rp209 Ribu Triliun!

PDB China Lewat! Pandemi 2020 Bikin Kekayaan Miliarder Dunia Tembus Rp209 Ribu Triliun! Kredit Foto: Instagram/elonrmuskk
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun 2020 menjadi krisis ekonomi global akibat pandemi Covid-19. Namun, para miliarder dunia justru semakin kaya lagi. Berdasarkan laporan riset Hurun, sepanjang tahun 2020, jumlah miliarder dunia bertambah 412 orang alias hampir 15% pertumbuhannya. Kini, jumlah miliarder dunia mencapai 3.228 orang.

Dilansir dari Barrons di Jakarta, Jumat (5/3/21) Hurun Report merupakan lembaga riset, media dan investasi bisnis yang berbasis di China. Hurun melaporkan, nilai akumulatif kekayaan miliarder dunia ini ditaksir mencapai USD14,7 triliun alias Rp209 ribu triliun!

Baca Juga: Emas Turun Terus, Miliarder Ini Bela Bitcoin Habis-habisan, Katanya: Emas Sudah Mati!

Bahkan, total akumulatif kekayaan miliarder ini melebihi PDB negara China yang mencapai USD12,2 triliun. Lebih lanjut, laporan tersebut mengatakan bahwa harta miliarder dunia naik 32% alias USD3,5 triliun yang setara dengan Rp50 ribu triliun dari tahun sebelumnya.

"Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini tercipta hanya dalam satu tahun, lebih dari yang mungkin bisa diharapkan untuk satu tahun yang sangat terganggu oleh Covid-19," ujar Ketua Peneliti the Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

Bahkan, hanya dalam kurun waktu satu tahun, sebanyak tiga miliarder dunia bisa meraup lebih dari USD50 miliar atau sekitar Rp710 triliun. Mereka adalah Elon Musk yang kekayaannya bertambah USD151 miliar, lalu Jeff Bezos bertambah USD50 miliar dan miliarder China Colin Huang yang kekayaannya bertambah USD50 miliar.

China menjadi negara yang memimpin pertumbuhan miliarder ini. Sebanyak lebih dari 60% miliarder pendatang baru hadir dari China yakni sebanyak 259 orang. Hingga hari ini, jumlah miliarder China pun mencapai 1.058 orang, dan menjadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia.

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: