Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Promosikan Yuan Digital, Sejumlah Kota di China Tebar Angpao Puluhan Miliar

Promosikan Yuan Digital, Sejumlah Kota di China Tebar Angpao Puluhan Miliar Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter
Warta Ekonomi, Jakarta -

Penduduk Distrik Longhua di kota Shenzhen di China akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara lotre yang akan datang, bertujuan untuk mendorong adopsi mata uang digital bank sentral baru negara itu-yang dikenal sebagai DC/EP, renminbi digital, atau digital yuan.

Diumumkan pada 20 Januari, lotre dijadwalkan pada 26 Januari, saat undian akan dilakukan untuk memilih 100.000 pemenang yang masing-masing akan menerima paket "amplop merah" yang berisi 200 yuan (US$31) di DC/EP. Oleh karena itu, total mata uang yang dikeluarkan dan didistribusikan untuk acara tersebut akan berjumlah 20 juta yuan (Rp43 miliar) menurut laporan Cointelegraph, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Bursa Efek Thailand Rencana Keluarkan Platform Perdagangan Aset Digital Nonkripto di 2021

Dua ketentuan telah ditetapkan bagi penduduk yang ingin ambil bagian dalam lotre: mereka harus membeli asuransi sosial dari entitas komersial tempat mereka bekerja dan memiliki rencana pasti untuk tinggal di kota selama liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang, yang juga dikenal sebagai Festival Musim Semi.

Ketentuan yang membatasi lotre untuk karyawan di entitas komersial peserta membuat putaran ini sedikit berbeda dengan dua skema lotre promosi "amplop merah" sebelumnya yang diadakan di dua distrik lain di kota Shenzhen: di Distrik Luoho pada Oktober 2020 dan Distrik Futian pada Januari 2021.

Seperti skema sebelumnya, mata uang hadiah akan dapat digunakan di pedagang terpilih yang telah mendaftar ke sistem yuan digital-total 35.000 pedagang-selama periode seminggu antara 1 dan 9 Februari. Peserta yang menang tidak akan bisa untuk mentransfer amplop merah mereka ke pihak ketiga.

Dalam pengumuman untuk skema tersebut, media lokal menyajikan acara tersebut sebagai bagian dari uji coba mata uang baru yang sedang berlangsung, sebagai sarana untuk mempromosikan penerapannya, dan sebagai cara untuk mendorong karyawan Shenzhen untuk tinggal di kota selama festival Tahun Baru Imlek sebagai bagian dari langkah-langkah untuk mengendalikan epidemi Covid-19.

Seperti diberitakan, pilot lotre sebelumnya dianggap berhasil, dengan sebagian besar peserta berhasil menerima dan membelanjakan amplop merah mata uang digital mereka. Mengikuti skema percontohan yang dikonfigurasi sedikit berbeda yang diadakan di kota Suzhou tahun lalu, pedagang e-commerce juga melaporkan volume transaksi yang signifikan menggunakan yuan digital.

Minggu lalu, Bank Pertanian milik negara China meluncurkan ATM yuan digital pertama di negara itu dengan tujuan membimbing warga untuk beralih ke dan dari mata uang digital.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: