Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alamak, Miskomunikasi Jadi Alasan China Tolak Tim WHO ke Wuhan

Alamak, Miskomunikasi Jadi Alasan China Tolak Tim WHO ke Wuhan Kredit Foto: Reuters/China Daily
Warta Ekonomi, Beijing -

China mengatakan terjadi kesalahpahaman dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (6/1/2021). Alasan itu muncul setelah Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan kekecewaan penundaan untuk kunjungan oleh tim ahli yang menyelidiki asal-usul virus corona.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan masalahnya bukan hanya tentang visa untuk tim. Dia menekankan bahwa telah terjadi kesalahpahaman pada tanggal yang telah disepakati.

Baca Juga: China Belum Kasih Restu Masuk, Bos WHO Ngaku Kecewa

Kedua belah pihak, menurut Hua, masih dalam diskusi mengenai waktu dan pengaturan lainnya. Untuk mengatasi masalah itu, dia mengeklaim China dan WHO tetap berkomunikasi secara dekat.

“Tidak perlu menafsirkan ini secara berlebihan,” kata Hua.

Hua menyatakan saat ini para pakar di China sedang sibuk menangani lonjakan baru infeksi virus corona. Menurutnya, saat ini banyak lokasi memasuki awal masa perang untuk menghentikan virus.

Virus corona baru pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China pada akhir 2019 dan sejak itu menyebar ke seluruh dunia. Banyak yang masih belum diketahui tentang asal-usulnya. China telah sensitif tentang saran apa pun yang bisa dilakukan lebih pada tahap awal pandemi untuk menghentikan penyebarannya.

Tim ahli internasional yang beranggotakan 10 orang akan berangkat pada awal Januari ke China. Pengiriman ahli ini sebagai bagian dari misi yang telah lama ditunggu untuk menyelidiki kasus awal penyakit tersebut.

Misi tersebut akan dipimpin oleh Peter Ben Embarek, ahli penyakit hewan yang melintasi batas spesies dari WHO. Dia pergi ke China untuk misi pendahuluan Juli lalu.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: