Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Hadir di Ruang Publik 2 Bulan, Jack Ma Diduga Ada di Kota ....

Tak Hadir di Ruang Publik 2 Bulan, Jack Ma Diduga Ada di Kota .... Kredit Foto: LinkedIn
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketiadaan Jack Ma dari ruang publik melahirkan berbagai spekulasi di kalangan massa. Namun, tampaknya teka-teki keberadaan Jack Ma perlahan mulai terkuak.

Melansir keterangan narasumber dari laporan Jurnalis CNBC Internasional, David Faber, Rabu (6/1/2021), Ma tidak hilang; tetapi ia menghindari sorotan media dan publik untuk saat ini.

"Ia tak muncul di hadapan publik dengan tujuan tertentu dan hal itu diperkirakan akan terjadi sampai beberapa waktu ke depan," ujar Faber.

Baca Juga: Hasil Riset: Volume Dagang Cryptocurrency Cetak Rekor Tertinggi, Hampir Rp950 Juta per Hari!

Baca Juga: Heboh Kabar Merger Gojek-Tokopedia, Kalau Benar, Apa Dampaknya??

Kemudian, narasumber juga mengklaim, pemerintah China tak menangkap Jack Ma. Ia pun memberi keterangan yang menyatakan Ma berada di kota tempat markas besar Alibaba Group, Hangzhou, China.

Ma sendiri telah hilang dari ruang publik sejak akhir Oktober 2020; setelah mengkritik sistem keuangan China ketika menghadiri diskusi umum di Shanghai, China.

Ma menilai kebijakan pemerintah sebagai penghambat inovasi bisnis, lalu meminta reformasi sistem keuangan nasional.

Dampaknya, pemerintah China marah; menganggap pemerintah Partai Komunis lah yang jadi sasaran kritik tersebut. Pada akhirnya, IPO lengan finansial Alibaba--Ant Group--yang kena batunya.

Per November 2020, Bursa Saham Shanghai dan Hong Kong menggagalkan rencana debut saham (IPO) Ant Group karena perintah dari Presiden Xi Jinping, sebagaimana informasi yang dikutip dariĀ Wall Street.

Kini, pemerintah China juga menyelidiki Alibaba Group atas tuduhan monopoli di momen natal. Ant Group pun ikut terkena imbasnya; di mana mereka harus mengurangi bisnis.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: