Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengangguran di Mana-mana, Pekerja China Makin Bikin Ruwet

Pengangguran di Mana-mana, Pekerja China Makin Bikin Ruwet Kredit Foto: Antara/REUTERS/Aly Song
Warta Ekonomi, Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyoroti dampak dari pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaaan. Namun di sisi lain Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas melihat pengaruh China semakin besar dengan masuknya banyak pekerja Negeri Tirai Bambu itu ke daerah-daerah.

"Sehingga tenaga kerja asing dari China bisa dengan mudah dan bebasnya keluar masuk ke daerah. Mereka dalam jumlah yang besar, padahal rakyat di daerah mereka banyak yang menganggur dan butuh pekerjaan," beber Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas di Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

Dia meminta pemerintah untuk betul-betul lebih serius dan lebih bisa fokus lagi mengatasi masalah dampak pandemi Covid-19. Serta masalah ekonomi serta penegakan hukum yang seadil-adilnya dan pembatasan tenaga kerja asing terutama yang berasal dari negara China.

Baca Juga: Wabah Covid-19 Kembali Muncul di China, Beijing Lockdown Lagi

"Karena kalau masalah-masalah ini tidak bisa kita tangani dan lakukan dengan baik, maka tentu negeri ini akan semakin menghadapi masalah yang lebih besar dan lebih ruwet berupa terjadinya krisis sosial yang hal itu tentu jelas-jelas tidak kita inginkan," paparnya.

Baca Juga: Alhamdulillah! Vaksin Covid-19 Asal China Ternyata Manjur

Dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19 telah membuat risau MUI, dimana angka kemiskinan dan pengangguran semakin meningkat.

Ia menilai masalah ekonomi dimana akibat dari covid 19 telah menyebabkan warga masyarakat takut keluar rumah sehingga roda perekonomian telah terganggu bahkan telah menyebabkan terjadinya krisis ekonomi. Terlebih kasus penderita Covid-19 terus semakin bertahan setiap harinya.

"Masalah Covid-19 dimana korban yang sakit dan meninggal tampak masih sangat tinggi, bahkan memperlihatkan kecenderungan yang semakin meningkat. Hal itu tentu jelas sangat-sangat merisaukan kita semua," ungkapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: