Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelas-jelas Samber Paus Fransiskus yang Senggol Uighur, Eh China Sekarang Bela Diri

Jelas-jelas Samber Paus Fransiskus yang Senggol Uighur, Eh China Sekarang Bela Diri Kredit Foto: Wikimedia Commons/Jeon Han
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah China menepis kritikan Paus Fransiskus tentang perlakuan yang dialami oleh kelompok minoritas Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Dalam bukunya, Let Us Dream: The Path to A Better Future, Paus Fransiskus mengatakan "Saya sering memikirkan orang-orang yang dipersekusi: Rohingya, Uighur yang malang, Yazidi".

Baca Juga: Ikut-ikut Komentari Muslim Uighur, Paus Fransiskus Langsung Disamber China

Inilah kali pertama Paus mengangkat nasib Muslim Uighur dalam konteks ini. Ia sebelumnya mengangkat penderitaan kelompok Rohingnya yang melarikan diri dari Myanmar dan pembunuhan orang-orang Yazidi oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) di Irak dan Suriah.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan kritikan pemimpin umat Katolik itu tidak mempunyai landasan.

"Pernyataan Paus tentang komunitas Uighur tidak berdasar," katanya dalam jumpa pers pada Selasa (24/11/2020).

"Saat ini, Xinjiang menikmati kemakmuran paling bagus sepanjang sejarah. Masyarakat makmur dan stabil. Semua kelompok etnik menikmati hak-hak mereka untuk hidup dan hak-hak mereka untuk menikmati pembangunan, "tambah Zhao Lijian.

Berbagai pemuka agama, organisasi HAM dan pemerintah mengatakan kejahatan terhadap kemanusiaan sedang dialami oleh Muslim Uighur.

Pemerintah China diyakini menahan sekitar satu juta warga Uighur di kamp-kamp yang disebut sebagai "pusat-pusat reedukasi".

Beijing selama ini menepis tuduhan pihaknya melakukan penahanan massal warga Muslim Uighur di Xinjiang tersebut tetapi kemudian mengakui telah mengirim sejumlah orang ke "pusat-pusat reedukasi". Dikatakan pusat-pusat tersebut didirikan sebagai langkah penting melawan terorisme, menyusul kekerasan berlatar separatisme di wilayah Xinjiang.

Bantahan juga disampaikan pemerintah China sehubungan dengan laporan bahwa pihak berwenang telah memaksa perempuan Muslim Uighur untuk memasang alat kontrasepsi sebagai upaya mengendalikan jumlah penduduk Muslim Uighur.

Uighur adalah minoritas Muslim yang menganggap diri mereka punya kedekatan kultural dan etnik dengan negara-negara Asia tengah.

Sebagian besar dari mereka tinggal di Provinsi Xinjiang, China barat. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 11 juta orang atau sekitar 45% dari total penduduk di tempat itu.

Xinjiang diperlakukan sebagai daerah otonomi di dalam China. Namun para pengamat mengatakan selama bertahun-tahun, pemerintah pusat secara bertahap mengekang kegiatan keagamaan, komersial dan kebudayaan Uighur, seiring dengan kedatangan etnik mayoritas Han untuk menetap di Xinjiang.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: