Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hubungan Buruk, Dubes AS untuk China Mengundurkan Diri

Hubungan Buruk, Dubes AS untuk China Mengundurkan Diri Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter
Warta Ekonomi, Washington -

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk China, Terry Branstad dilaporkan telah mengundurkan diri di tengah memburuknya hubungan bilateral Washington dan Beijing. Mundurnya Branstad diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

"Saya berterima kasih kepada Duta Besar Terry Branstad atas pengabdiannya selama lebih dari tiga tahun kepada rakyat Amerika sebagai Duta Besar AS untuk Republik Rakyat China," kata Pompeo, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (14/9/2020).

Baca Juga: Inilah 20 Nama Dubes Baru, Siapa yang Duduk di AS?

terry-branstad-802230318.jpg

"Presiden Donald Trump memilih Branstad karena pengalamannya selama puluhan tahun berurusan dengan China membuatnya menjadi orang terbaik untuk mewakili pemerintah dan untuk membela kepentingan dan cita-cita Amerika dalam hubungan penting ini," sambungnya.

Dia lalu memuji kontribusi Branstad karena berhasil menyeimbangkan kembali hubungan AS-China sehingga berorientasi pada hasil, timbal balik, dan adil. Efek positif itu, ucap Pompeo, akan bertahan pada kebijakan luar negeri AS di Asia-Pasifik selama beberapa dekade mendatang.

Pompeo tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang alasan mundurnya Branstad atau siapa yang akan menjadi penerusnya.

Branstad sendiri ditunjuk sebagai Duta Besar AS untuk China pada tahun 2016 karena dinilai memiliki hubungan yang baik dengan Presiden China, Xi Jinping dan pengangkatan tersebut disambut oleh Beijing, dan menyebutnya sebagai teman lama rakyat China.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: