Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dekati ASEAN dan Uni Eropa, Ternyata Motivasi China Perkuat...

Dekati ASEAN dan Uni Eropa, Ternyata Motivasi China Perkuat... Kredit Foto: Reuters/Damir Sagolj
Warta Ekonomi, Jakarta -

China siap bekerja sama dengan Uni Eropa dan ASEAN untuk memperkuat kepercayaan politik dan menjangkau dua mitra dagang terbesarnya.

Hal ini diungkapkan oleh Yang Jiechi selaku kepala kantor urusan luar negeri China pada Minggu (6/9/2020), setelah melakukan kunjungan ke Myanmar, Spanyol dan Yunani.

Baca Juga: Kabar Baik, Vaksin Covid Asal China-UEA Kantongi Sertifikat Halal

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari SCMP pada Minggu 6 September 2020, Yang mengatakan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Uni Eropa dapat berkontribusi besar pada pemulihan ekonomi dunia dan memastikan pasokan yang stabil dan rantai industri.

Kunjungan tersebut muncul setelah kunjungan lima negara Menteri Luar Negeri China Wang Yi selama seminggu di Eropa dan kunjungan Yang baru-baru ini ke Singapura dan Korea Selatan saat Beijing berusaha untuk melawan tekanan yang semakin intensif dari Amerika Serikat.

Dilaporkan kantor berita Xinhua, Yang mengatakan dalam wawancara tertulis bahwa Uni Eropa adalah salah satu hubungan luar negeri paling penting bagi China dan perbedaan dalam sistem sosial, mode pembangunan" seharusnya tidak menjadi penghalang untuk kerja sama karena kedua belah pihak punya minat bersama untuk berkembang.

Dia juga mengatakan bahwa China siap untuk menyiapkan lebih banyak jalur cepat untuk pertukaran pribadi dan perdagangan dengan negara-negara ASEAN, bekerja sama dalam penelitian dan distribusi vaksin Covid-19, dan akan terus maju dengan negosiasi tentang kode etik di Laut China Selatan.

Yang mengatakan China dan Uni Eropa harus mencoba untuk meningkatkan rasa saling percaya, mengelola konflik secara efektif dan menyimpulkan pembicaraan tentang agenda strategis untuk kerja sama yang akan memetakan hubungan mereka selama lima tahun ke depan.

Dia menyerukan agar kepentingan bersama dibuat lebih besar, untuk perdagangan dan investasi tumbuh dan agar kedua belah pihak bekerja mencapai kesepakatan investasi pada akhir tahun.

Pengamat dan sumber diplomatik mengatakan China berkomitmen untuk menyelesaikan pembicaraan perjanjian investasi dengan Brussels untuk melawan strategi pemisahan dan penahanan pemerintah AS dan untuk mempertahankan daya tarik pasarnya bagi investasi asing.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: