Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hebat! China Telah Cetak 24 Miliarder Baru hingga Juni 2020

Hebat! China Telah Cetak 24 Miliarder Baru hingga Juni 2020 Kredit Foto: Twitter/africachinapre2
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder dari China terus berdatangan sepanjang setengah tahun 2020 hingga bulan Juni kemarin, Bursa saham di China telah memainkan peranpenting karena banyaknya investor ritel yang mencari pengembalian cepat dan menanamkan dananya di pasar modal China.

Dilansir dari Bloomberg di Jakarta, Selasa (28/7/2020) China telah menelurkan dua lusin miliarder dari 118 pencatatan IPO tahun ini. Mayoritas perusahaan yang melakukan IPO berasal dari sektor kesehatan dan teknologi.

Baca Juga: China Kirim Sinyal Bahaya, Latihan Militer Besar Siap Digelar?

Sebanyak 24 miliarder baru telah lahir dari pasar modal China hingga Juni 2020. Para miliarder tersebut datang dari bermacam latar belakang, seperti mantan guru, akuntan, hingga pengembang perangkat lunak.

Dari 118 perusahaan yang listing di Bursa Efek Shanghai dan Shenzen tahun ini telah berhasil mengumpulkan USD20 miliar (Rp290 triliun) hingga Juni tahun ini.

Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibanding realisasi paruh pertama 2019. Shanghai pun kini menjadi tempat pencatatan saham nomor 1 dunia, mengalahkan New York dan Hong Kong.

Para miliarder China angkatan IPO 2020 ini memiliki kekayaan gabungan USD70 miliar (Rp1.019 triliun) pada pertengahan Juli. Sebagian besar datang dari industri kesehatan dan teknologi, yang kegiatan bisnisnya menanjak selama pandemi.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: