Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Donald Trump Sempat Mau Bunuh Bashar Al-Assad, Tapi...

Donald Trump Sempat Mau Bunuh Bashar Al-Assad, Tapi... Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Washington -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengaku pernah ingin membunuh Presiden Suriah, Bashar al-Assad, pada 2017, Selasa (15/9/2020).  Hanya saja, keinginan itu ditentang oleh Menteri Pertahanan Jim Mattis pada saat itu.

"Saya lebih suka dia meninggal. Saya sudah menyiapkannya. Mattis tidak ingin melakukannya. Mattis adalah jenderal yang sangat dilebih-lebihkan, dan aku melepaskannya," kata Trump pada acara pagi Fox & Friends.

Baca Juga: Trump Rupanya Yakin Banget Normalisasi Saudi-Israel Bakal Terjadi

Seperti dikutip dari Ahram, Trump mengatakan tidak menyesali keputusan untuk tidak menargetkan Assad, dengan mengatakan dia bisa hidup dengan cara itu.

"Saya menganggap dia jelas bukan orang baik, tapi saya punya kesempatan untuk mengeluarkannya jika saya mau dan Mattis menentangnya," kata Trump.

Pengungkapan tersebut mendukung pemberitaan yang keluar pada 2018 ketika jurnalis Washington Post, Bob Woodward, menerbitkan buku "Fear: Trump in the White House".

Trump dilaporkan mempertimbangkan untuk membunuh Assad setelah dia melancarkan serangan kimia terhadap warga sipil pada April 2017.

Dalam buku tersebut, Trump mengatakan pasukan AS harus terlibat dan membunuh Assad. Hanya saja laporan tersebut dibantah oleh presiden pada saat itu.

"Itu bahkan tidak pernah terpikirkan," kata Trump kepada wartawan di Oval Office pada 5 September 2018.

Pernyataan terbaru Trump ini datang sebagai bagian dari serangan terhadap Mattis yang dulu mendapatkan pujian sebagai orang hebat ketika menjabat posisi Menteri Pertahanan. Hanya saja, pensiunan jenderal itu mengecewakan Trump dan akhirnya mengundurkan diri pada akhir 2018.

Assad telah memerintah Suriah selama perang saudara. Perang yang tidak berkesudahan ini menghancurkan negara dan membuat ratusan ribu orang tewas. Perang pecah sejak 2011 silam.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: