Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengintip 8 Sektor Bisnis Kalla Group, Perusahaan Raksasa Milik Jusuf Kalla

Mengintip 8 Sektor Bisnis Kalla Group, Perusahaan Raksasa Milik Jusuf Kalla Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kalla Group adalah kelompok usaha yang terbesar di kawasan timur Indonesia dengan kendali usaha berpusat di Makassar, Sulawesi Selatan. Saat ini Kalla Group terlibat dalam delapan bidang usaha dengan 24 sub-unit bisnis. Perusahaan yang dimiliki Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) ini pun memiliki bisnis yang menggurita. Beberapa di antaranya dalam sektor otomotif, infrastruktur, energi, finance, dan lain sebagainya.

Namun, perjalanan bisnis tersebut jelas tak mudah. Tetapi Kalla Group tetap terus menjadi perusahaan megah. Berikut sektor bisnis yang menjadi fokus Kalla Group!

Baca Juga: Berandai-Andai Tuntaskan Konflik Papua, Jusuf Kalla: Saya Siap!

1. Otomotif

Sebelum merek Toyota dijual oleh Astra, rupanya Kalla Group lewat PT Hadji Kalla (Kalla Toyota) lebih dulu melakukan penjualan otomotif merek toyotal di kawasan Indonesia Timur. Selain PT Hadji Kalla, perusahaan otomotif JK lainnya adalah PT Makassar Raya Motor.

2. Konstruksi

Perusahaan-perusahaan Kalla Group juga fokus pada infrastruktur, seperti usaha pembangunan aspal di PT Bumi Karysa, PT Bumi Sarana Utama, atau di PT Bukaka Teknik Utama yang fokus membangun tower dan jembatan.

3. Energi

Lebih lanjut, perusahaan milik JK ini juga melebarkan sayap ke bisnis energi terbarukan melalui Poso Energy yang telah merampungkan sekaligus mengoperasikan Proyek Poso 2. Selain itu, merek ajuga memiliki PT Malea Energy.

Perusaan Kalla ini juga merambah ke smelter di bawah payung PT Bumi Mineral Sulawesi. Lokasi smelter berada di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: