Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dengan Pembicaraan China dan Amerika, Korea Selatan Dorong Diplomasi dengan Korea Utara

Dengan Pembicaraan China dan Amerika, Korea Selatan Dorong Diplomasi dengan Korea Utara Kredit Foto: Reuters/Pierre Albouy
Warta Ekonomi, Seoul -

Korea Selatan akan membicarakan Korea Utara secara terpisah dengan dua audiensi yang berbeda pada Kamis (2/12/2021). Pelaksanaannya dengan mengadakan pembicaraan dengan diplomat top Beijing di China dan dengan para pemimpin militer AS yang berkunjung di Seoul.

"Sayangnya, misi kami untuk memastikan perdamaian di semenanjung Korea masih belum lengkap. Ada tumpukan tugas di depan kami," kata Perdana Menteri Korea Selatan Kim Boo-kyum, berbicara kepada para pemimpin militer AS dan Korea Selatan di Seoul pada Rabu (1/12/2021) malam.

Baca Juga: Selundupkan Beras dari China, Korea Utara Jatuhi Kadernya Hukuman Seumur Hidup

Di China, pembicaraan diharapkan mencakup harapan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk sebuah deklarasi untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953.

Di Seoul, petinggi AS dan Korea Selatan diperkirakan akan membahas cara untuk memperkuat aliansi militer yang tujuan utamanya adalah mencegah konflik dengan Pyongyang, dan bersiap untuk melawan jika itu gagal.

Korea Utara sejauh ini menolak permintaan AS untuk diplomasi sejak Presiden Joe Biden mengambil alih dari Donald Trump, yang mengadakan tiga pertemuan puncak dengan pemimpin Kim Jong Un.

Seoul melihat “deklarasi akhir perang” sebagai cara untuk membangun kepercayaan dengan Kim, memulai kembali pembicaraan denuklirisasi yang terhenti, dan akhirnya bergerak menuju kesepakatan damai yang langgeng. Konflik berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai.

Tapi Moon, yang telah aktif dalam mencoba untuk terlibat dengan Korea Utara selama masa kepresidenannya, kehabisan waktu untuk mencapai kesepakatan sebelum masa jabatannya berakhir tahun depan.

Penasihat keamanan nasional Korea Selatan Suh Hoon akan menuju ke kota Tianjin di China pada hari Kamis untuk melakukan pembicaraan dengan diplomat top China Yang Jiechi yang akan membahas Korea Utara, kata Gedung Biru kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

"Mereka hanya punya enam bulan tersisa. Jadi, saya tidak tahu apakah upaya mereka akan berhasil atau tidak," kata Yoon Young-kwan Kim Koo, mantan menteri luar negeri Korea Selatan, di forum baru-baru ini oleh Center yang berbasis di AS untuk Studi Strategis dan Internasional.

Kritik terhadap dorongan Moon juga khawatir tentang risiko pemberian deklarasi simbolis "akhir perang" kepada Pyongyang tanpa mendapatkan imbalan konkrit dari Kim.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: