Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertama Kabur dari Korut, Kini Melarikan Diri dari Penjara China, Buronan Ini Dihargai Rp325 Juta

Pertama Kabur dari Korut, Kini Melarikan Diri dari Penjara China, Buronan Ini Dihargai Rp325 Juta Kredit Foto: CNN
Warta Ekonomi, Beijing -

Pihak berwenang China telah menawarkan hadiah yang setara dengan lebih dari $23.000 (Rp325 juta) untuk penangkapan seorang pembelot Korea Utara yang melarikan diri dari penjara di kota timur laut Jilin pada Senin (18/10/2021).

Narapidana, yang diidentifikasi sebagai Zhu Xianjian, memasuki China secara ilegal pada tahun 2013. Tiga tahun kemudian, ia dijatuhi hukuman 11 tahun penjara karena penyeberangan perbatasan ilegal, pencurian dan perampokan, yang akan diikuti dengan deportasinya, menurut keputusan pengadilan, melansir CNN, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Korut Balas Kritik Amerika atas Uji Coba Rudal Balistik: Kami Tidak Membidik Anda, Jangan Takut

Pemberitahuan hadiah yang dikeluarkan oleh penjara Jilin mengatakan Zhu melarikan diri sekitar pukul 6 sore. waktu setempat pada hari Senin setelah naik ke gudang di sebelah gerbang saat narapidana sedang menyelesaikan pekerjaan di halaman.

Pemberitahuan tersebut menawarkan hadiah $15.600 untuk informasi yang membantu polisi menangkap Zhu. Dan itu bisa meningkat menjadi $23.400 untuk petunjuk yang mengarah langsung ke penangkapannya --hampir lima kali lipat pendapatan tahunan rata-rata penduduk perkotaan Jilin dan lebih dari sembilan kali lipat pendapatan tahunan penduduk pedesaan.

Pelarian dramatis Zhu ditangkap dalam video pengawasan yang diposting di media sosial China oleh sejumlah media pemerintah.

Dalam rekaman itu, Zhu terlihat memanjat gudang, berlari melintasi atap dan menggunakan tali untuk merusak pagar listrik yang mengelilingi dinding penjara, memicu serangkaian percikan api. Dia kemudian melangkah ke pagar untuk memanjat pagar logam lain dan menghilang di balik tembok tinggi, saat para tahanan dan penjaga melihat.

Polisi telah memblokir pintu masuk ke desa-desa terdekat dan melakukan pencarian dari rumah ke rumah untuk Zhu, menurut Global Times yang dikelola pemerintah.

Video pengawasan lainnya menunjukkan Zhu berguling di tanah setelah melompat dari pagar yang tinggi. Dia berbaring diam beberapa saat sebelum bangkit dan melarikan diri.

Berita pelarian Zhu menarik perhatian publik luas di China, di mana pembobolan penjara jarang terjadi. Tagar terkait di Weibo, platform mirip Twitter China, menarik lebih dari 22 juta tampilan, menurut Global Times.

Namun penyensoran segera dimulai. Pemberitahuan hadiah telah dihapus dari akun media sosial polisi penjara Jilin, dan beberapa tagar dan postingan terkait dihapus dari Weibo --termasuk rekaman pelarian Zhu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: