Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Aktor Intelektual di Balik Peretasan Tingkat Tinggi Korut: Incar Penelitian...

Aktor Intelektual di Balik Peretasan Tingkat Tinggi Korut: Incar Penelitian... Kredit Foto: Reuters/Pierre Albouy
Warta Ekonomi, New York -

Tim analisis ancaman Google awal pekan ini mengatakan telah mengidentifikasi upaya peretasan yang diduga berpusat di Korea Utara (Korut). Aksi itu diketahui menargetkan pakar keamanan siber yang berbasis di AS.

Sebuah posting-an di blog perusahaan mengklaim bahwa para peneliti telah mengidentifikasi upaya canggih dan terkoordinasi. Ketika itu, operator Korut diduga melakukan kontak dengan pekerja keamanan siber yang berbasis di AS melalui saluran media sosial dan metode lain dengan harapan membimbing pekerja ke situs atau peluang lain untuk peretas untuk mendapatkan akses ke sistem mereka.

Baca Juga: Lakukan Uji Vaksin Pakai Data Curian, Hacker-hacker Korut Beraksi Lagi

Adam Weidemann, seorang pejabat dengan tim peneliti ancaman Google, menulis dalam posting-an sebuah blog bahwa targetnya sebagian besar adalah "peneliti keamanan yang bekerja pada penelitian dan pengembangan kerentanan di berbagai perusahaan dan organisasi," sambil menyalahkan serangan tersebut pada "entitas yang didukung pemerintah yang berbasis di Korut."

"Untuk membangun kredibilitas dan terhubung dengan peneliti keamanan, para aktor membuat blog penelitian dan beberapa profil Twitter untuk berinteraksi dengan target potensial. Mereka telah menggunakan profil Twitter ini untuk memposting tautan ke blog mereka, memposting video dari eksploitasi yang diklaim mereka dan untuk memperkuat dan me-retweet postingan dari akun lain yang mereka kontrol," tulis Weideman, dikutip dari The Hill, Kamis (28/1/2021).

Sejumlah profil LinkedIn dan Twitter yang menurut peneliti Google terkait dengan upaya tersebut telah ditangguhkan pada Rabu (27/1/2021). Perwakilan LinkedIn dan Google tidak segera membalas permintaan komentar. Seorang juru bicara Twitter mengonfirmasi kepada The Hill melalui email bahwa lusinan akun telah ditangguhkan sebagai tanggapan atas penyelidikan Google.

"Kami telah menangguhkan 56 akun terhubung karena pelanggaran aturan kami yang melarang manipulasi platform, khususnya mengoperasikan akun palsu dan menerbitkan atau menautkan ke konten berbahaya yang dimaksudkan untuk merusak atau mengganggu perangkat pribadi lain. Kami menyambut bantuan dari Google dan Microsoft dalam masalah ini dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka," kata juru bicara tersebut.

"Secara umum, ketika kami dapat secara andal mengaitkan aktivitas dengan aktor yang didukung negara, kami mengungkapkan akun terkait dan konten cuitan secara penuh ke arsip publik kami. Namun, saat ini, penyelidikan kami sedang berlangsung dan kami akan tetap waspada," mereka dilanjutkan.

Berita bahwa peretas Korut diduga menargetkan peneliti AS di bidang keamanan siber muncul tepat di bawah setahun setelah sejumlah lembaga federal mengeluarkan peringatan bersama bahwa kelompok peretas yang berbasis di Korea Utara menargetkan lembaga keuangan.

"Skema perampokan bank internasional yang meluas di Korut yang mengeksploitasi sistem perbankan kritis dapat mengikis kepercayaan pada sistem tersebut dan menghadirkan risiko bagi lembaga keuangan di seluruh dunia," kata lembaga tersebut dalam pernyataan bersama Agustus lalu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: