Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Kesepakatan Nuklir Iran, Amerika Rela Gaet Dukungan Rusia dan China

Demi Kesepakatan Nuklir Iran, Amerika Rela Gaet Dukungan Rusia dan China Kredit Foto: CNN
Warta Ekonomi, Washington -

Amerika Serikat berharap tekanan dari Rusia, China, dan beberapa negara Teluk Arab dapat membujuk Iran untuk memoderasi sikap negosiasinya. 

Para pejabat AS mengklaim Rusia dan China telah “terkejut dengan sejauh mana Iran telah mundur dari komprominya sendiri” dari putaran pembicaraan sebelumnya, serta menjadi lebih tegas tentang tuntutan yang dibuatnya dari AS dan pihak lain.

Baca Juga: Menohok, Pejabat Nuklir Iran Blak-blakan Bongkar Masalah Utama Dialog Nuklir Terbaru

“Saya pikir mereka berbagi rasa kekecewaan, secara diplomatis, pada apa yang telah dipilih Iran untuk dilakukan dengan beberapa bulan terakhir persiapan untuk pembicaraan," kata pejabat AS, seperti dilaporkan The Guardian.

Pejabat itu mengklaim bahwa jelas bagi Rusia dan China bahwa Iran “tidak mengadopsi sikap sebuah negara yang secara serius memikirkan kembalinya secara cepat untuk saling mematuhi kesepakatan”.

Pendekatan Rusia dan China sangat penting karena rezim garis keras baru Iran telah bersikeras bahwa mereka mampu untuk menjauh dari pembicaraan dengan barat, secara efektif membiarkan program nuklirnya tidak dibatasi, dan mendanai agenda kesejahteraan domestiknya dengan berdagang dengan timur.

“Saya pikir dunia, yang untuk waktu yang lama selama kampanye tekanan maksimum (diterapkan oleh Donald Trump dari 2018) lebih bersimpati pada posisi Teheran. Saya pikir kita melihat dengan sangat jelas bahwa negara-negara di seluruh dunia sekarang semakin menyadari fakta bahwa Iran mengambil posisi yang tidak konsisten dengan tujuan mereka untuk kembali ke JCPOA (kesepakatan nuklir 2015) dan percepatan mereka. program nuklir adalah pameran A dalam hal itu,” tambahnya, seraya mengklaim bahwa Iran mulai mengisolasi diri dari sekutu alaminya yang tidak sabar.

Sebelumnya, pembicaraan di Wina tersendat parah pekan lalu, ketika pemerintah Iran garis keras baru meningkatkan tingkat pengayaan uraniumnya dan mengajukan proposal yang menurut pejabat AS pada akhir pekan "tidak serius" karena mereka telah kembali pada semua kemajuan yang dibuat pada putaran sebelumnya. pembicaraan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: