Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Geram dengan Kelakuan Turki, Biden Bakal Berhadapan Langsung dengan Erdogan, Apa Berani?

Geram dengan Kelakuan Turki, Biden Bakal Berhadapan Langsung dengan Erdogan, Apa Berani? Kredit Foto: Instagram/Recep Tayyip Erdogan
Warta Ekonomi, Washington -

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan bahwa Presiden Joe Biden akan menghadapi Recep Tayyip Erdogan tentang perilaku Turki di Mediterania Timur dan Kaukus minggu depan. Pernyataan tersebut dia sampaikan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat pada Selasa (8/6/2021).

"Perilaku Turki di Mediterania Timur akan menjadi agenda utama pertemuan antara kedua pemimpin," katanya dikutip dari Greek Reporter, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Satu Tahun Jadi Juru Bicara: Ini Bukan tentang Angka

Pertemuan itu, direncanakan berlangsung pada 14 Juni di sela-sela KTT NATO di Brussels.

Blinken menanggapi pertanyaan dari ketua Komite Bob Menendez, yang berpendapat bahwa Turki “terus-menerus melanggar hukum internasional ketika mengancam Siprus dan zona ekonomi eksklusifnya, ketika menyatakan zona ekonomi menuju Libya yang tidak diakui sama sekali kecuali mengganggu zona ekonomi Yunani.”

Menendez juga menyoroti “agresi Turki terhadap Armenia melalui Azerbaijan,” dan mencatat “peran jahatnya” di Libya.

“Jadi, apa yang kita lakukan untuk melawan Turki di bawah Erdogan? Dan, saya katakan Turki di bawah Erdogan karena ini bukan tentang rakyat Turki, tapi tentu tentang pemimpinnya,” tanya Menendez.

Sekretaris Blinken mencatat bahwa, “Kami tentu saja berbagi keprihatinan itu dan telah melibatkan Turki secara langsung pada mereka.”

Baca Juga: Orang-orang dari Organisasi Yahudi Sandangkan Nama Obama 2.0 buat Biden, Ada Apa Lagi?

Ketika Blinken berpendapat bahwa AS harus menjaga Turki “berlabuh ke Barat dan selaras dengan beberapa masalah kritis lainnya,” Senator Menendez membalas:

“Saya mengerti kami ingin Turki berlabuh ke Barat tetapi Anda tidak dapat berlabuh ke Barat dan hanyut ke segala arah lebih jauh pada semua prinsip inti yang kami yakini sebagai sekutu NATO dan juga yang lainnya.”

Baca Juga: Ahli Virologi dan Molekuler Biologi: Semua Vaksin Covid-19 Aman dan Sudah Diuji

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: