Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laporan Pentagon Bongkar Sikap Tak Etis Dokter Gedung Putih, dari Resep Obat sampai Tenggak Miras

Laporan Pentagon Bongkar Sikap Tak Etis Dokter Gedung Putih, dari Resep Obat sampai Tenggak Miras Kredit Foto: Antara/REUTERS/Hannah McKay
Warta Ekonomi, Washington -

Pentagon membeberkan laporan tentang perlakuan tak etis dari anggota Kongres Partai Republik, Ronny Jackson saat masih menjabat sebagai dokter Gedung Putih. Laporan menyebut Jackson menciptakan lingkungan kerja yang tak bersahabat, terlibat dalam masalah minuman keras, dan melakukan pendistribusian resep obat  tidak tepat.

Laporan tidak diterbitkan ini disusun oleh inspektur jenderal departemen pertahanan yang pertama kali diperoleh CNN. Isinya mencakup kesaksian dari 60 saksi tentang perilaku Jackson di tempat kerja.

Baca Juga: Usai Gagal di Era Trump, Pentagon Terus Cemaskan Nuklir Korut karena...

Hanya 12 yang melakukan observasi positif. Sementara 38 berbicara tentang perilaku tidak profesional, intimidasi, dan perlakuan buruk terhadap bawahan.

"Hanya empat saksi yang memberi tahu kami bahwa mereka tidak mengalami, melihat, atau mendengar tentang RDML Jackson yang berteriak, menjerit, mengutuk, atau meremehkan bawahan," ujar laporan tersebut seperti dilansir laman Guardian, Kamis (4/3/2021).

Laporan baru dari pengawas Pentagon menemukan bahwa Jackson meremehkan, menindas, dan mempermalukan lebih banyak rekan kerja junior, termasuk membuat komentar seksual dan merendahkan tentang rekan kerja perempuan.

Dia juga terlibat dalam perilaku tidak pantas yang melibatkan penggunaan alkohol selama dua perjalanan presiden, satu ke Filipina pada 2014 dan satu lagi ke Argentina pada 2016.

Jackson diketahui mengonsumsi obat Ambien, alat bantu tidur yang kuat, saat terbang di Air Force One. Ini berkontribusi pada keprihatinan di antara rekan kerja atas kemampuannya untuk memberikan perawatan medis yang tepat kepada presiden dan orang lain.

Dalam sebuah pernyataan, Jackson mengatakan, inspektur jenderal telah membangkitkan tuduhan palsu karena dia menolak untuk memunggungi Presiden Trump. Dia mengatakan bahwa dia menolak mentah-mentah dan menolak implikasi apa pun bahwa dia mengonsumsi alkohol saat bertugas.

"Saya juga dengan tegas menyangkal implikasi apa pun bahwa saya secara seksual tidak pantas di tempat kerja, di luar pekerjaan, atau di mana pun dengan anggota staf saya atau orang lain. Itu bukan saya dan apa yang diduga tidak terjadi," ujar Jackson.

Jackson (53 tahun) pensiunan laksamana angkatan laut, mulai bekerja sebagai dokter di Unit Medis Gedung Putih, yang diawasi oleh departemen pertahanan, di bawah pemerintahan George W Bush.

Dia kemudian ditunjuk sebagai dokter presiden oleh mantan presiden Barack Obama dan Donald Trump hingga 2018. Dia terpilih menjadi anggota Kongres November lalu, mewakili sebuah distrik di Texas utara.

Jackson telah dinominasikan oleh Trump untuk memimpin Departemen Urusan Veteran, tetapi mengundurkan diri setelah serangkaian tuduhan muncul, termasuk penanganan obat penghilang rasa sakit yang tidak tepat dan menciptakan lingkungan kerja yang beracun. Jackson membantah tuduhan tersebut saat itu.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: