Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Netanyahu Jadi Pemimpin Timteng Pertama Ditelepon Joe Biden

Netanyahu Jadi Pemimpin Timteng Pertama Ditelepon Joe Biden Kredit Foto: Getty Images/Israeli Government Press Office/Amos Ben Gershom
Warta Ekonomi, Tel Aviv -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan panggilan telepon ke pemimpin negara-negara Timur Tengah. Gedung Putih mengatakan, pemimpin negara Timur Tengah yang akan ditelepon Biden untuk pertama kalinya adalah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Telepon pertama dengan pemimpin di kawasan itu akan dilakukan dengan Perdana Menteri Netanyahu. Panggilan telepon itu akan dilakukan segera," ujar Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, dilansir Aljazirah, Rabu (17/2/2021).

Baca Juga: Sinyal Apa Nih! Netanyahu Ngaku Beda Pandangan dengan Biden, Soal Apa?

Beberapa kritikus menuding Biden telah mengucilkan Netanyahu. Hal itu karena, Biden tak kunjung menelepon Netanyahu setelah hampir sebulan menjabat sebagai presiden AS. Berbeda dengan pendahulunya, Donald Trump yang langsung menelepon Netanyahu setelah menjabat sebagai presiden AS. 

Psaki membantah tudingan bahwa Biden telah mengabaikan Netanyahu. Psaki mengatakan, Israel adalah sekutu AS dan kedua negara memiliki hubungan keamanan yang strategis.

"Israel tentu saja sekutu. Kami memiliki hubungan keamanan strategis yang penting dengan Israel dan tim kami terlibat penuh, bukan hanya di tingkat kepala negara saja," ujar Psaki. 

Sebelumnya, Netanyahu tidak khawatir karena Biden belum menelepon dirinya setelah dilantik menjadi presiden. Duta Besar Israel untuk AS Gilad Erdan mengatakan, Perdana Menteri Netanyahu masih memiliki masalah mendesak lainnya untuk dihadapi seperti pandemi virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian.

"Perdana menteri tidak khawatir tentang pembicaraan itu," ujar Gilad kepada N12's Meet The Press. 

Pada Jumat (12/2/2021), Gedung Putih membantah bahwa Biden sengaja tidak menyertakan Netanyahu dalam panggilan telepon ke para pemimpin asing sejak menjabat pada 20 Januari. Biden diketahui telah melakukan panggilan telepon ke sejumlah pemimpin asing seperti China, Meksiko, Inggris, India, Prancis, Jerman, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia. 

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: