Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Trump Beri Sinyal Hengkang dari Gedung Putih, tapi Malah Kasih Satu Syarat...

Trump Beri Sinyal Hengkang dari Gedung Putih, tapi Malah Kasih Satu Syarat... Kredit Foto: Antara/REUTERS/Carlos Barria
Warta Ekonomi, Washington -

Presiden Donald Trump mengatakan pada Kamis (26/11/2020) bahwa dia akan meninggalkan Gedung Putih jika Electoral College meresmikan kemenangan Presiden Terpilih Joe Biden. Komentar itu muncul saat dia menghabiskan momen Thanksgivingnya sembari memperbarui klaim tak berdasar bahwa "penipuan besar-besaran".

Ketika Trump ditanya apakah dia akan mengosongkan Gedung Putih untuk memuluskan transisi kekuasaan di Januari 2021, presiden petahana itu menjawab akan melakukannya.

Baca Juga: Trump Gak Menyerah Ihwal Angkat Kaki dari Gedung Putih, Nasib Dolar AS di Ujung Tanduk!

“Pasti saya akan. Tapi Anda tahu itu," kata Trump pada Kamis, dikutip Warta Ekonomi dari Associated Press, Jumat (27/11/2020).

Tetapi Trump --mengajukan pertanyaan untuk pertama kalinya sejak Hari Pemilu-- bersikeras bahwa "banyak hal" akan terjadi antara sekarang dan nanti yang mungkin mengubah hasil.

"Ini masih panjang jalannya," kata Trump, meskipun dia kalah.

Fakta bahwa seorang presiden AS yang sedang menjabat bahkan harus membahas apakah dia akan meninggalkan jabatannya setelah kalah dalam pemilihan ulang menggarisbawahi sejauh mana Trump telah menghancurkan satu konvensi demi konvensi selama tiga minggu terakhir.

Meskipun tidak ada bukti penipuan yang tersebar luas seperti yang dituduhkan Trump, dia dan tim hukumnya telah bekerja untuk meragukan integritas pemilu dan mencoba untuk membatalkan keinginan pemilih dalam pelanggaran norma-norma Demokrat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Trump berbicara kepada wartawan di Ruang Resepsi Diplomatik Gedung Putih setelah mengadakan telekonferensi dengan para pemimpin militer AS yang ditempatkan di seluruh dunia. Dia berterima kasih kepada mereka atas layanan mereka dan dengan bercanda memperingatkan mereka untuk tidak makan terlalu banyak kalkun, kemudian beralih ke pemilihan setelah mengakhiri panggilan.

Dia mengulangi keluhannya dan dengan marah mengecam para pejabat di Georgia dan Pennsylvania, dua negara bagian penting yang membantu Biden menang.

Trump mengklaim, terlepas dari hasilnya, bahwa ini mungkin bukan Thanksgiving terakhirnya di Gedung Putih. Dan dia bersikeras telah terjadi "penipuan besar-besaran," meskipun pejabat negara dan pengamat internasional mengatakan tidak ada bukti tentang itu dan kampanye Trump berulang kali gagal di pengadilan.

Pemerintahan Trump telah memberi lampu hijau untuk transisi formal yang akan berlangsung. Tapi Trump mempermasalahkan Biden ke depan.

"Saya pikir tidak benar bahwa dia mencoba memilih Kabinet," kata Trump, meskipun pejabat dari kedua tim sudah bekerja sama untuk mempercepat tim Biden.

Dan karena dia menolak untuk menyerah, Trump mengumumkan bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Georgia untuk mengumpulkan pendukung menjelang dua pemilihan putaran kedua Senat yang akan menentukan partai mana yang mengontrol Senat.

Trump mengatakan dalam rapat umum untuk Partai Republik, David Perdue dan Senator Kelly Loeffler kemungkinan akan diadakan pada hari Sabtu. Gedung Putih kemudian mengklarifikasi maksudnya pada 5 Desember.

Salah satu alasan Partai Republik mendukung Trump dan klaim penipuannya yang tak berdasar adalah untuk menjaga basis setianya tetap bersemangat menjelang putaran kedua pada 5 Januari. Tetapi Trump, dalam sambutannya, secara terbuka mempertanyakan apakah pemilu itu akan adil dalam suatu langkah. yang bisa mengurangi jumlah pemilih Partai Republik.

“Saya pikir Anda berurusan dengan sistem yang sangat curang. Saya sangat khawatir tentang itu," katanya. “Orang-orang sangat kecewa karena kami dirampok.”

Sedangkan untuk Electoral College, Trump menjelaskan bahwa dia kemungkinan tidak akan pernah secara resmi menyerah, bahkan jika dia mengatakan akan meninggalkan Gedung Putih.

“Ini akan menjadi hal yang sangat sulit untuk menyerah. Karena kami tahu ada penipuan besar-besaran," katanya, mencatat bahwa," waktu tidak ada di pihak kami."

"Jika mereka melakukannya," berikan suara menentangnya, Trump menambahkan, "mereka telah membuat kesalahan."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: