Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dokter Presiden Sengaja Hindari Pertanyaan Soal Trump karena...

Dokter Presiden Sengaja Hindari Pertanyaan Soal Trump karena... Kredit Foto: Antara/Joyce N. Boghosia/The White House/Handout via REUTERS
Warta Ekonomi, Washington -

Dokter-dokter presiden Amerika Serikat (AS) mengandalkan undang-undang privasi kesehatan pasien untuk menghindari pertanyaan mengenai kondisi kesehatan Donald Trump. Namun mereka mengungkapkan detail kondisi pasien yang lain.

Pakar Undang-undang informasi pasien atau Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA) mengatakan tampaknya data yang dipilih dokter presiden Sean Conley untuk diungkapkan sesuai dengan tingkat kenyamanan Trump.

Baca Juga: Beraksi Lagi, Dukun Baba Vanga Ramal Trump Kena Tumor Otak

"Hal ini sedikit membingungkan, kemungkinan besar dokter duduk bersama presiden dan bertanya informasi mana saya yang ingin diungkapkan," kata mantan pengacara pemerintah AS yang mengawasi penegakan HIPAA, Deven McGraw, Selasa (6/10).

Dalam konferensi persi di depan Walter Reed National Military Medical Center, Conley mengatakan tekanan darah Trump sedikit tinggi, 134/78. Sementara jantung dan pernapasannya berada di level normal.

Namun ketika wartawan bertanya tentang hasil pemeriksaan (scan) paru-paru dan kapan terakhir kali hasil tes Covid-19 Trump negatif, para dokter menolak menjawabnya dengan mengutip HIPAA.

"Tidak ada perlindungan khusus untuk scan paru-paru, ini benar-benara apa yang presiden beri otoritasi untuk ungkapkan. Jadi saya harus berasumsi keputusan mengenai informasi apa yang diungkapkan sesuai dengan tingkat kenyamanan presiden," kata McGraw.

HIPAA melarang data medis seseorang disebarluaskan tanpa persetujuan orang yang bersangkutan. Karena HIPAA, banyak orang yang tidak mendapatkan informasi apa pun saat mereka mencari tahu kondisi kesehatan keluarganya.

Keputusan para dokter Trump untuk menyeleksi informasi apa saja yang diungkapkan menimbulkan lebih banyak pertanyaan mengenai kondisi kesehatan presiden. Saat ini Trump sudah kembali ke Gedung Putih.

Ketua House of Representative Nancy Pelosi mengatakan 'membingungkan' jika informasi dari dokter-dokter presiden 'harus disetujui oleh presiden'. Conley mengelak pertanyaan para wartawan dengan menggunakan HIPAA.

"HIPAA sedikit melarang saya untuk terlalu dalam pada hal-hal seperti itu, Anda tahu, saya tidak benar-benar bebas atau dia tidak ingin hal ini dibahas," kata Conley yang juga komandan Angkatan Laut AS.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: