Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Biden Kesal Bicaranya Dipotong Trump, Moderator: Tuan Presiden...

Biden Kesal Bicaranya Dipotong Trump, Moderator: Tuan Presiden... Kredit Foto: Antara/REUTERS/Jonathan Ernst/
Warta Ekonomi, Washington -

Debat perdana calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2020 berubah cepat dari salam persahabatan menjadi kekacauan. Musababnya, capres Partai DemokratJoe Biden yang berusaha menyampaikan gagasannya disela rivalnya, Donald Trump sang capres petahana dari Partai Republik.

Debat perdana ini berlangsung di Health Education Campus of Case Western Reserve University and Cleveland Clinic yang dimoderatori Chris Wallace, pembawa acara "Fox News Sunday". Debat dimulai Selasa pukul 21.00 waktu setempat atau Rabu (30/9/2020) pagi WIB.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Joe Biden Vs Donald Trump

Pada satu titik, ketika Biden mencoba menghindari pertanyaan dari moderator, apakah dia akan mendukung penambahan lebih banyak slot ke Mahkamah Agung dan menghilangkan aturan filibuster Senat jika Demokrat mendapatkan kembali kendali pemerintah, Trump tiba-tiba melakukan interupsi.

"Apapun posisi yang saya ambil, itu akan menjadi masalah," kata Biden. “Masalahnya adalah rakyat Amerika harus berbicara. Anda harus keluar dan memilih. Anda sekarang memberikan suara. Pilih dan biarkan senator Anda tahu bagaimana perasaan Anda," lanjut Biden.

"Apakah Anda akan mengemas sidang," sela Trump, sebelum berujar; "Dia tidak ingin menjawab pertanyaan itu."

"Saya tidak akan menjawab pertanyaan itu," balas Biden. 

Ketika Trump kembali mencoba untuk menyela lagi, dengan menyatakan bahwa Demokrat akan menambahkan hakim "kiri radikal" ke pengadilan, Biden kehilangan kesabaran.

“Maukah Anda diam, Bung?” kata Biden dengan nada suara meninggi.

Cekcok khas beberapa menit pertama dari debat itu telah lama ditunggu-tunggu, karena Trump yang dominan menyela paling banyak setiap poin yang dia anggap salah atau tidak menyenangkan. Trump bahkan menyela Wallace ketika moderator itu mulai mengajukan pertanyaan tentang kurangnya rencana kesehatan komprehensif pemerintahannya, yang tidak disetujui oleh presiden.

"Tuan Presiden, saya moderator dalam debat ini, dan saya ingin Anda mengizinkana saya mengajukan pertanyaan saya," kata Wallace. “Saya kira saya memperdebatkan Anda, bukan dia,” jawab Trump.

Sementara Biden dan Wallace menjadi frustrasi, banyak penonton yang terhibur dengan cekcok tersebut.

"Trump baru saja mengambil alih," kata jurnalis independen Tim Pool di Twitter. "Mereka hanya tidak tahu bagaimana menghadapinya."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: