Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Belasan Ribu Tentara AS di Jerman Segera Dipulangkan karena...

Belasan Ribu Tentara AS di Jerman Segera Dipulangkan karena... Kredit Foto: Foto/Istimewa
Warta Ekonomi, Washington -

Militer Amerika Serikat (AS) mengungkap rencana menarik sekitar 12.000 tentara dari Jerman tapi tetap mempertahankan hampir setengahnya di Eropa untuk mengatasi ketegangan dengan Rusia.

Trump mengumumkan niatnya bulan lalu untuk memangkas sekitar sepertiga dari 36.000 tentara AS di Jerman. Trump berdalih aliansi dekatnya gagal memenuhi target belanja pertahanan NATO dan menuduh Turki mengambil keuntungan dari perdagangan.

Baca Juga: Intervensi Masalah dengan China, Australia Geram pada AS

“Kami tidak ingin diperdaya lagi. Kami mengurangi pasukan karena mereka tidak membayar tagihan mereka, itu sangat sederhana,” kata Trump di Gedung Putih tentang keputusan itu.

Menteri Pertahanan Mark Esper tidak menyebut penarikan pasukan itu karena alasan tersebut. Dia menyatakan rencana militer akan mencegah pergerakan pasukan merusak NATO dan upayanya untuk menangkal intervensi Rusia.

Esper menyatakan beberapa pasukan AS akan direposisi ke wilayah Laut Hitam dan beberapa dapat dikerahkan sementara ke Baltik.

Pasukan lain yang meninggalkan Jerman akan secara permanen pindah ke Italia dan kantor pusat militer AS di Eropa akan dipindah dari Stuttgart, Jerman, ke Belgia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: