Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tensi Meninggi, Diplomat-diplomat AS Terbang ke China

Tensi Meninggi, Diplomat-diplomat AS Terbang ke China Kredit Foto: REUTERS/Jason Lee
Warta Ekonomi, Washington -

Sejumlah diplomat Amerika Serikat (AS) terbang ke Shanghai, China, ketika Washington menjalankan rencananya untuk memulai kembali misi diplomatiknya di Negeri Tirai Bambu. Ini terjadi di tengah ketegangan kedua negara setelah AS memerintahkan agar kantor kosulat China di Houston, Texas, ditutup.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters, Jumat (24/7/2020), bahwa penerbangan yang membawa sejumlah diplomat AS telah meninggalkan Washington pada Rabu malam. Sumber itu mengatakan penerbangan ini telah berangkat lebih awal dari yang direncanakan.

Baca Juga: Kenapa Sih AS Ngotot Minta China Tutup Konsulatnya? Ketahuan...

Email internal Departemen Luar Negeri AS tertanggal 17 Juli, dilihat oleh Reuters, mengatakan departemen itu sedang bekerja untuk mengatur penerbangan charter ke Shanghai dari Bandara Internasional Dulles Washington yang berangkat pada hari Kamis.

Email itu mengatakan penerbangan sementara 29 Juli ke Tianjin dan Beijing sedang dalam tahap perencanaan awal dan tanggal target untuk penerbangan lain, ke Guangzhou, masih akan ditentukan.

Memo itu mengatakan prioritas diberikan untuk menyatukan kembali keluarga yang terpisah dan kepala seksi/agen yang kembali.

Saat dimintai komentar terkait laporan ini Departemen Luar Negeri AS tidak segera menanggapinya.

AS sedang berupaya untuk sepenuhnya memulihkan misinya di China, salah satu yang terbesar di dunia, yang dievakuasi pada Februari lalu karena Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona baru.

Penerbangan Kamis berjalan meskipun ada langkah dramatis Washington untuk menutup konsulat China di Houston di tengah tuduhan spionase.

China memperingatkan bahwa mereka akan dipaksa untuk menanggapi langkah AS, yang telah "sangat merusak hubungan".

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: